Mendag: Harga Daging Sapi Sulit Ditekan

Pertanianku – Presiden Joko Widodo meminta Menteri Perdagangan untuk menekan harga daging sapi di pasaran menjadi Rp85.000/kg. Namun, hal tersebut membuat Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita sulit untuk mengabulkan permintaan sang Presiden.

Mendag: Harga Daging Sapi Sulit Ditekan

Enggar menuturkan, harga daging sapi yang ditekan hingga Rp85.000/kg memang masih dalam hitungan yang relevan. Hanya saja, untuk merealisasikannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Tapi untuk penurunan Rp80.000—Rp90.000 saya kira tidak mudah,” kata Enggar, sebagaimana dilansir Okezone (12/10).

Enggar mengaku, telah memberikan penjelasan pula kepada Presiden Jokowi mengenai sulitnya menekan harga daging sapi di kisaran Rp85.000/kg. Menurut Enggar, penurunan harus diimbangi dengan stok populasi dari sapi itu sendiri.

Mendag mengungkapkan, untuk merealisasikan keinginan orang nomor satu di Indonesia, pemerintah membanjiri pasar dengan daging kerbau yang dibanderol hanya Rp65.000/kg.

Untuk mensiasatinya, pemerintah hingga akhir tahun ini akan mendatangkan 70 ribu ton daging kerbau impor yang berasal dari India. Impor daging kerbau akan menekan harga daging sapi yang saat ini masih tinggi di pasaran.

“Tapi nanti dengan masuknya 70 ribu ton itu pasti akan terjadi penurunan. Sebelum akhir tahun akan masuk, (daging) kerbau,” tutup Enggartiasto Lukita.

loading...
loading...