Mengenal dan Cara Mengendalikan Penyakit pada Bebek

0

Pertanianku – Salah satu tantangan dan kendala bagi para peternak bebek adalah mengendalikan penyakit yang sering menyerang unggas. Jika gagal dalam mengendalikannya, sudah dipastikan ternak bebek yang Anda lakukan akan gagal. Namun, Anda harus menyikapinya dengan tenang dan tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini banyak hal yang bisa dilakukan jika unggas peliharaan Anda terserang penyakit.

Mengenal dan Cara Mengendalikan Penyakit pada Bebek

Mengendalikan penyakit pada bebek

Untuk mengendalikan penyakit pada bebek, lakukan tindakan pencegahan atau pengendalian. Kedua tindakan tersebut perlu dilakukan oleh para peternak bebek untuk menghasilkan produktivitas secara optimal. Beberapa cara mengendalikan penyakit antara lain melakukan pemeliharaan kesehatan dan kebersihan lingkungan serta pemberian vaksinasi agar ternak tidak mengalami penurunan produksi.

Berbagai macam penyakit bebek bisa dicegah atau dikendalikan. Jenis penyakit ini biasanya disebabkan oleh buruknya segi pemeliharaan seperti keracunan, kesehatan, kebersihan, kekurangan vitamin, dan mineral.

  1. Stres

Stres atau cekaman disebabkan oleh kondisi lingkungan sekitar yang tidak baik berupa banyaknya suara yang tidak baik untuk peliharaan, tidak ada kebebasan ternak, dan juga pakan yang selalu berubah-ubah serta pembuatan kandang yang tidak baik.

Cara pengendalian:

Anda dapat mengendalikannya dengan cara menjaga kebersihan kandang dan juga lingkungan sekitar. Atau, dapat juga menjauhkan ternak dari berbagai keributan karena hal ini yang akan membuat hewan ternak menjadi stres.

  1. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan pertumbuhan ternak akan terhambat dan lama. Ternak juga akan mudah lelah, kondisinya tidak baik, mudah terserang penyakit, dan matanya akan mengeluarkan lendir.

Cara pengendalian:

Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan memberikan pakan yang banyak mengandung vitamin A seperti jagung. Atau, berikan pakan campuran dengan tambahan dedak bekatul dan lain sebagainya.

  1. Riskets duck

Jenis penyakit ini disebabkan oleh kekurangan vitamin D, mineral kalsium, dan fosfor. Kekurangan vitamin dan zat tersebut dapat mengakibatkan ternak menjadi lumpuh. Gejala yang terlihat bila terserang penyakit ini terjadinya kelainan pada sendi atau tulang.

Cara pengendalian:

Untuk mengendalikannya dapat dilakukan dengan pemberian pakan ternak yang banyak mengandung vitamin D dan nutrisi kalsium dan fosfor yang baik.

  1. Antibiotik dermatitis

Antibiotik dermatitis disebabkan oleh berlebihnya pemberian obat-obatan terhadap ternak sehingga dapat menimbulkan penyakit dermatitis. Gejala yang terlihat kulit ternak menjadi lebih kering, bulu mudah rontok dan patah, serta ternak akan selalu gelisah dan gatal-gatal pada kulitnya.

Cara pengobatan:

Berikan antibiotik dan laxative ringan seperti molasses untuk memulihkan kondisi ternak.

  1. Brooder pneumenia

Jenis penyakit ini disebabkan oleh kondisi kandang yang terlalu padat dan cahaya lampu yang kurang panas sehingga anakan kedinginan dan cepat mati. Gejala penyakit ini antara lain terjadinya pembengkakan di kepala, pernapasan berkurang, dan pada bagian mata mengeluarkan air.

Cara pengendalian:

Berikan pemanas cahaya lampu dengan baik. Lakukan pengobatan dengan memberikan 1 sendok baking soda dalam satu quart air minum selama dalam waktu 12 jam. Hal ini bertujuan mengurangi penyebaran penyakit.

loading...
loading...