Mengenal Khasiat dan Manfaat Buah Sukun

0

Pertanianku – Pohon sukun bisa dibilang sebagai salah satu tanaman produktif dalam menghasilkan buah. Satu pohon sukun dapat menghasilkan lebih dari 200 buah saat musim panen. Di Pasifik Selatan, pohon buah Sukun mampu menghasilkan antara 50—150 buah setahun.

mengenal-khasiat-dan-manfaat-buah-sukun

Buah sukun muda mengandung energi sebesar 119 kilokalori, protein 1,4 gram, karbohidrat 28,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 24 miligram, fosfor 44 miligram, dan zat besi 1,4 miligram. Selain itu, di dalam buah sukun muda juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,17 miligram, dan vitamin C 52 miligram.

Kandungan vitamin pada buah sukun tua

Pada buah sukun tua mengandung energi sebesar 126 kilokalori, protein 1,6 gram, karbohidrat 24,5 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 37 miligram, fosfor 47 miligram, dan zat besi 1,6 miligram. Selain itu, terkandung juga vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,18 miligram, dan vitamin C 58 miligram.

Khasiat dan manfaat buah sukun

Daun buah sukun sangat efektif dapat mengobati macam-macam penyakit seperti liver, hepatitis, gigi, gatal-gatal, pembengkakan limpa, jantung, asam urat, dan ginjal. Daun sukun sangat baik untuk kesehatan karena mengandung zat-zat berkhasiat seperti asam hidrosianat, aseticolin, tannin, riboflavin, dan masih banyak lainnya.

Zat-zat tadi dapat mengatasi peradangan secara efektif. Daun sukun secara empiris dapat menyembuhkan ginjal yang sakit. Menurut penelitian, daun sukun juga bisa bermanfaat untuk proses penyembuhan penyakit kardiovaskular.

Buah sukun sendiri sangat cocok digunakan sebagai makanan diet karena kaya akan karbohidrat, tetapi rendah kalori. Dibanding ubi jalar, ubi kayu, dan kentang, buah sukun lebih kaya akan protein. Bahkan, jika dibandingkan dengan beras, kandungan karbohidrat buah sukun bisa dibilang setara, tetapi dengan kalori yang lebih rendah daripada beras.

Selain buah dan daunnya, manfaat buah sukun yang lainnya yakni batang dan kulit sukun berkhasiat sebagai obat mencairkan darah untuk wanita yang baru selesai melahirkan sekitar 8—10 hari. Bunga sukun yang dibakar kemudian menjadi arang juga dapat digunakan sebagai obat untuk sakit gigi.

loading...
loading...