Mengenal Lima Jenis Bunga Anggrek yang Ada di Indonesia

Pertanianku – Bunga anggrek memang terkenal akan keindahannya. Bagaimana tidak, jenis bunga anggrek di dunia ini ada ribuan bahkan puluhan ribu. Sekitar 5.000 hingga 6.000 jenis bunga anggrek dapat ditemui di negeri tercinta kita. Ini membuktikan bahwa satu per enam dari keseluruhan jenis bunga anggrek ada di Indonesia.

Di antaranya ada beberapa jenis bunga anggrek yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Saat ini sudah banyak jenis bunga anggrek yang habitat aslinya sudah terancam punah. Oleh karena itu, pemerintah dengan khusus membuat daftar jenis bunga anggrek langka yang dilindungi negara dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa. Untuk itu, diharapkan kita sebagai warga negara yang baik selalu menjaga lingkungan di sekitar kita agar bunga cantik nan indah.

Berikut lima jenis anggrek yang terdapat di Indonesia yang masih belum banyak diketahui orang.

  1. Bunga anggrek larat

Jenis bunga anggrek ini memiliki variasi warna putih, ungu muda, dan kombinasi dari putih dan ungu muda. Bunga anggrek putih atau cooktown orchid memiliki nama ilmiah Dendrobium bigibbum. Jenis bunga anggrek ini masuk ke daftar bunga anggrek yang dilindungi dan juga menjadi identitas negara kita, khususnya daerah Maluku.

2. Bunga anggrek callus vanda

Bunga anggrek yang memiliki nama ilmiah Vanda limbata ini sangat terkenal dengan keindahan dan kecantikan kelopak bunganya. Jenis bunga anggrek ini memiliki banyak variasi warna dan bentuk yang beragam. Saking banyaknya, para ilmuwan mengklasifikasikannya menjadi 40 spesies. Keempat puluh spesies anggrek vanda tersebar di beberapa negara, tentunya di Indonesia juga.

3. Bunga anggrek sendok

Walaupun memiliki nama anggrek sendok, tetapi bunga anggrek ini tidak seperti sendok. Bunga anggrek ini begitu indah dengan bunganya yang berwarna kuning cerah dan sedikit warna putih yang di bagian tengahnya terdapat corak merah. Nama Latin dari bunga anggrek sendok, yaitu Spathoglottis zurea.

4. Bunga anggrek hartinah

Jenis bunga anggrek yang satu ini memiliki nama Indonesia banget, Hartinah! Ya, nama bunga anggrek ini diambil dari nama istri presiden kedua Republik Indonesia. Jenis bunga anggrek yang memiliki nama Latin Cymbidium hartinahianum ini merupakan tanaman endemik yang hanya tumbuh di Indonesia tepatnya di Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara.

5. Bunga anggrek jamrud

Bunga anggrek yang satu ini cukup unik. Bunganya terlihat seperti buah rambutan karena adanya bulu-bulu di bagian luar tetapi masih terdapat kelopak di bagian dalamnya. Bunga anggrek jamrud memiliki nama ilmiah Dendrobium macrophyllum.

loading...
loading...