Mengenal Lima Keluarga Nangka yang Jarang Diketahui


Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup dikenal dunia karena keanekaragaman buah lokalnya. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara pengekpor buah yang cukup mendunia. Hal ini karena buah-buah lokal memiliki keunggulan yang tak dimiliki buah dari negara lain. Bahkan Indonesia memiliki buah-buah langka yang sangat beranekaragam.

Anda pasti sangat mengenal dan pernah memakan buah nangka bukan? Namun tahukan Anda terdapat beberapa buah yang memiliki ciri fisik menyerupai buah nangka?

Pada pembahasan kali ini, kita akan membas lima buah langka dari keluarga nangka yang jarang diketahui masyarakat. Buah-buah ini tumbuh tumbuh secara liar. Bahkan beberapa diantaranya hanya tumbuh dan dapat di temukan di pedalaman hutan.

Jika Anda tertarik silahkan menyimak video ini.

  1. Mentawa (Artocaprus anisophyllus)

Buah mentawa merupakan salah satu buah lokal dan langka khas Kalimantan. Mentawa memiliki ukuran dengan diameter sekitar 11 cm, memiliki daging buah yang berwarna oranye cerah, dengan rasa yang manis. Dengan rasa buah yang manis dan lezat serta beraroma harum.

Tah hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, namun bijinya pun juga dapat di makan. Daun mentawa juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Beberapa Suku Dayak memakai abu dari daun mentawa yang dicampur minyak goreng untuk menyembuhkan penyakit kulit pada anak-anak.

Nama: Mentawa (Artocaprus anisophyllus)

Ukuran Diameter: 11cm

Warna daging: oranye cerah

Rasa: Manis

  1. Karusung (Artocarpus sp.)

Buah karusung memiliki ukuran dengan diameter sekitar 10 cm. Daging buah karusung berwarna oranye dengan rasa manis yang sangat unik seperti perpaduan antara pisang dan nangka. Karusung tergolong buah yang langka dan sulit untuk ditemukan. Dan tidak semua daerah memiliki pohon karusung.

Nama: Karusung (Artocarpus sp.)

Ukuran Diameter: 10 cm

Warna daging: oranye cerah

Rasa: Manis

3. Kaledang (Artocarpus anceifolius roxb.)

Buah kaledang memiliki ukurang yang kecil dengan bentuk bulat. Buah ini berdiameter sekitar 5 sampai 12 cm dengan daging buah berwarna kuning hingga oranye. Kaledang adalah buah yang memiliki rasa manis seperti perpaduan antara nangka dengan pisang kapok.

Keistimewaan kaledang karena bentuknya yang snagat unik dan menarik seukuran genggaman tangan. Buah kaledang biasanya tumbuh dengan liar dan hingga saat ini belum ada yang membudidayakannya.

Nama: Kaledang (Artocarpus anceifolius roxb.)

Ukuran Diameter: 5-12 cm

Warna daging: kuning, oranye

Rasa: Manis

4. Mantibungan (Artocarpus rigidus)

Buah mantibugan memiliki ukuran sedang dengan diameter sekitar 10 sampai 13 cm dengan daging buah berwarna kuning cerah. Mantubungan memiliki rasa yang sangat unik yang sedikit asam namun juicy perpaduan antara rasa nangka dengan jeruk yang sangat menyegarkan

Nama: Kaledang Mantibungan (Artocarpus rigidus)

Ukuran Diameter: 10-13 cm

Warna daging: kuning cerah

Rasa: asam

5. Tilap (Artocarpus teysmanni)

Buah tilap memiliki ukuran kecil dengan diameter sekitar 3 sampai 5 cm dengan panjang sekitar 4 sampai 10 cm. Buah tilap berwarna putih saat masih mentah dan berwarna kuning ketika matang. Tilap memiliki rasa yang sangat manis. Buah ini dapat tumbuh dengan subur di daerah perairan seperti di sawah dan di rawa.

Itulah beberapa buah dari keluarga nangka yang kini keberadaannya sangat langka. Sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat Indonesia turut mendukung dan meestarikan buah-buahan lokal nusantara.

Nama: Kaledang Tilap (Artocarpus teysmanni)

Ukuran Diameter: 3-5 cm

Warna daging: kuning

Rasa: manis

loading...
loading...