Mengenal Manfaat dan Risiko Konsumsi Ikan


Pertanianku – Manusia memang dianjurkan untuk mengosumsi ikan untuk memenuhi protein hewani. Seperti yang kita tahu ikan juga sangat kaya akan omega-3. Namun, tahukah Anda jika mengonsumsi ikan ternyata juga berisiko untuk tubuh lho. Benarkah demikian?

Berikut beberapa manfaat dan risiko mengonsumsi ikan, seperti dilansir dari Timesofindia.

  • Mencegah stroke

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan ikan sedikitnya sekali seminggu 13 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita penyumbatan suplai darah ke otak (stroke iskemik) daripada mereka yang tidak sering makan ikan.

American Heart Association kini merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu, karena asam lemak omega-3 di ikan, terutama ikan air dingin (sarden, salmon, makarel, dan ikan trout), membantu melindungi jantung.

  • Membantu melawan penyakit

Lemak ikan adalah sumber lemak omega-3 paling tinggi. Omega-3 sangat penting untuk kesehatan jantung dan juga dapat membantu melindungi arthritis, diabetes, depresi, dan beberapa jenis kanker.

  • Berbahaya selama kehamilan

Hal ini peringatan bagi wanita hamil, ibu menyusui, dan wanita yang sedang merencanakan kehamilan agar lebih berhati-hati memilih ikan. Paparan ikan yang mengandung methylmercury—bentuk merkuri yang ditemukan pada ikan akibat polutan industri dapat menghambat perkembangan sistem saraf pada janin, bayi, dan anak-anak.

  • Ikan yang dibudidayakan mungkin mengandung kontaminan

Salmon yang dibudidayakan, dapat mengandung kadar tinggi pestisida dan racun lainnya. Untuk menghindari efek negatif dari pencemaran ini, cobalah untuk membeli salmon atau ikan organik.

Baca Juga:  Ratusan Ton Ikan Mati Mendadak di Waduk Jangari
loading...
loading...