Mengenal Manfaat Daun Insulin


Pertaniaku – Daun insulin (Smallanthus sonchifolius) atau banyak disebut daun yakon ini merupakan tanaman obat yang memiliki manfaat dan fungsi luar biasa. Bagaimana tidak, tanaman ini mampu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Tidak jarang penderita diabetes mellitus banyak yang mencari daun insulin. Namun, keberadaan daun insulin masih sangat sedikit ditemukan.

Mengenal Manfaat Daun Insulin

Daun insulin awalnya berasal dari Andes Utara dan Tengah dan tersebar dari Kolombia ke Argentina Utara. Kemudian tanaman ini ditanam oleh para petani di Midelevations di lereng timur Andes hingga menuju Amazon.

  1. Ciri-ciri daun insulin

Ciri-ciri tanaman ini memiliki rasa yang manis. Resin dan bunganya mirip dengan bunga violet. Mungkin dikarenakan adanya insulin yang dapat menghasilkan rasa manis dari akar elecampene.

  1. Penelitian daun insulin

Menurut Michael Hermann dari Research Project Leader of the Andean Roots and Tubers, daun insulin memiliki kandungan fruktosa sekitar 35%. Tanaman ini kaya akan insulin dimana mengandung gula-gula fruktosa yang dapat dicerna oleh enzim pencernaan, tetapi dapat difermentasi oleh usus besar.

Keadaan inilah yang dapat membuat para penderita diabetes dari hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dapat mengurangi kadar gula dalam darah.

  1. Manfaat daun insulin

Daun insulin memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna apabila dikonsumsi secara tepat dan teratur dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat daun insulin.

  • Memiliki efek prebiotik

Daun insulin juga memiliki kandungan Fructooligosaccharides, yaitu suatu fruktoasi yang sangat baik untuk bakteri yang berada di usus. Jadi, dengan mengonsumsi daun insulin dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda.

  • Antibakteri atau antimikroba

Dengan mengonsumsi daun insulin secara teratur, dapat mencegah perkembangan bakteri dan kuman berbahaya yang berada di kandung kemih dan ginjal.

  • Mengatasi gula darah yang tinggi
Baca Juga:  Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Kubis Ungu

Sesuai namanya, daun insulin ini memiliki kandungan zat yang aktif dan dapat menurunkan kadar gula darah di dalam darah. Daun insulin juga memiliki kadar kalori yang sangat rendah.

  • Sebagai anti-oksidan alami

Daun insulin juga dapat menjadi anti-oksidan untuk tubuh. Di dalam daun insulin juga mengandung senyawa yang dapat menjadi anti-oksidan. Dengan mengonsumsi daun insulin secara teratur, dapat menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

  • Meningkatkan kesehatan organ hati

Daun insulin berfungsi sebagai penguat vitalitas organ hati. Mengonsumsi daun ini secara teratur dapat mencegah penyakit hati.

  1. Cara mengonsumsi daun insulin

Anda bisa mengonsumsi daun insulin langsung dengan cara berikut.

  • Siapkan 15 lembar daun insulin, baik yang telah kering maupun yang masih basah.
  • Cuci bersih daun insulin, kemudian rebus dengan air sebanyak 5 gelas, tunggu hingga air rebusan tersisa 3 gelas. Angkat dan saring. Minumlah air rebusan daun insulin sebanyak 2—3 kali sehari secara teratur.
loading...
loading...