Mengenal Manfaat Jambu biji Merah

0

PertaniankuJambu biji (Psidium guava) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brazil yang memiliki buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah.

Mengenal Manfaat Jambu biji Merah

Di Indonesia, jenis jambu biji yang sangat populer adalah jambu biji merah dan jambu biji putih. Jambu biji merah memiliki daging buah berwarna merah dengan kulit tipis berwarna hijau kekuningan apabila masak. Selain dikonsumsi secara langsung, jambu biji merah juga sering dikonsumsi dalam bentuk jus. Manfaat Jambu biji merah ini dipercaya memiliki kandungan gizi dan manfaat yang lebih tinggi daripada jambu biji putih. Berikut merupakan kandungan gizi yang terdapat dalam jambu biji merah.

Menjaga fungsi dan otak saraf

Jambu biji merah memiliki kandungan vitamin B3 dan B6 yang berguna untuk merangsang otak. Pyridoxine atau vitamin B6 mampu meningkatkan aliran darah dan memberi nutrisi yang penting bagi otak maupun fungsi saraf. Selain itu, pyridoxine juga mendukung sintesis dopamine dan serotonin yang merupakan neurotransmitter penanggung jawab kebahagiaan.

Mengobati demam berdarah

Jambu biji merah mempunyai kandungan zat besi yang dapat membantu dalam pembentukan sel darah baru dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam jambu biji merah juga dapat berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh penderita demam berdarah.

Sebagai anti-oksidan

Jambu biji merah memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dapat berguna sebagai anti-oksidan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, senyawa anti-oksidan dalam jambu biji merah merupakan flavonoid dan betakaroten seperti likopen dapat bertindak sebagai sel antikanker serta mengatasi kerusakan sel karena radikal bebas.

Menjaga tekanan darah

Jambu biji merah memilki kandungan senyawa elektrolit bernama kalium yang berguna untuk melindungi tekanan darah tinggi dengan merendam dampak dari natrium. Ini merupakan manfaat yang sama yang Anda peroleh ketika mengkonsumsi buah lain yang mengandung kalium seperti pisang.

Membantu penyerapan nutrisi

Dengan mengonsumsi jambu biji merah, Anda mendapatkan manfaat yang diperoleh dari kandungan mangan pada jambu biji merah dalam penyerapan nutrisi. Mangan membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi lain dari makanan yang kita makan.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Tingginya kandungan serat alami pada jambu biji merah dapat berguna untuk menjaga kesehatan saluran sistem pencernan dengan cara melindungi selaput lendir usus, merendahkan waktu paparan racun, dan mengikat bahan kimia penyebab kanker pada usus serta mengeluarkannya bersama limbah.

Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan betakaroten yang sangat tinggi pada jambu biji merah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan mata dengan baik. Selain itu, vitamin A juga dapat mencegah mata dari penyakit katarak.

loading...
loading...