Mengenal Tingkat Kematangan Sempurna Buah Mangga


Pertanianku – Selama ini saat memutuskan untuk membeli buah seperti mangga, apakah Anda mengetahui tingkat kematangannya? Sebenarnya, kita dapat mempelajari tanda-tanda yang menunjukkan buah mangga tersebut sudah matang atau belum.

Mengenal Tingkat Kematangan Sempurna Buah Mangga

Setiap orang yang membeli mangga pastilah menginginkan buah telah matang sempurna. Ini bertujuan setelah dibeli, buah mangga bisa langsung dikonsumsi. Terdapat ciri-ciri khusus sebagai tanda buah mangga telah matang sempurna.

Sebagaimana dilansir dari WikiHow, berikut beberapa ciri yang bisa Anda gunakan ketika hendak membeli buah mangga. Pastikan hanya mangga matang dan berkualitas yang Anda beli dan bukan yang masih setengah matang.

  1. Cium aroma mangga

Hanya mangga matang yang bisa mengeluarkan aroma khas harum dan menggoda. Dekatkan pangkal batang mangga pada hidung dan hirup aromanya. Jika tercium aroma harum, manis, dan segar, itu tandanya mangga sudah pada tingkat kematangan yang pas. Mangga yang beraroma tipis atau belum maksimal menandakan itu belum matang sempurna atau masih setengah matang.

  1. Buah yang matang memiliki tekstur lembut

Buah mangga yang memiliki tekstur lembut adalah tanda bahwa mangga sudah matang. Jangan pernah membeli mangga yang masih bertekstur keras. Mangga matang punya ciri empuk layaknya tekstur buah persik dan buah alpukat yang matang. Selain itu, tingkat kematangan mangga juga bisa dinilai dari beratnya. Semakin berat sebuah mangga, semakin tinggi juga tingkat kematangannya. Usahakan untuk tidak membeli buah mangga yang masih keras. Ini karena mangga seperti ini masih jauh dari tingkat kematangan, kecuali jika Anda ingin menyimpannya terlebih dulu.

  1. Warna kulit tidak selalu menjamin kematangan

Kematangan mangga tidak bisa selalu dilihat dari warna kulitnya. Meski kadang sebagian kulit mangga sudah memiliki warna kuning atau kemerahan, itu terkadang warna yang menipu. Warna mangga tidak bisa menjadi tanda kematangan. Ini karena kadang ada mangga yang berwarna kekuningan karena banyak terpapar sinar matahari.

Baca Juga:  Ada Apel Rasa Soda, Seperti Apa Ya?

Jangan takut dengan mangga yang dipenuhi bintik pada permukaan kulitnya. Tanda alami ini justru jadi tanda tingkat kematangan mangga yang maksimal. Bintik hitam menandakan kandungan gula alami dalam buah ini sangatlah banyak. Bahkan, mangga yang kulitnya berbintik memiliki rasa lebih manis ketimbang dengan kulit mangga yang terlihat mulus.

loading...
loading...