Mengonsumsi Buah Pisang Baik untuk Penderita Maag

Pertanianku – Maag atau sering disebut asam lambung, merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada mukosa lambung. Penyebab maag bermacam macam mulai dari adanya bakteri patogen H. plyori, konsumsi minuman beralkohol, auto-imun, kebiasaan tidak mengunyah makanan hingga lembut, makan terlalu banyak, atau makan yang tidak teratur. Dari berbagai penyebab penyakit maag, pola makan yang tidak baik dan sehat adalah penyebab utamanya.

mengonsumsi-buah-pisang-baik-untuk-penderita-maag

Penderita maag dianjurkan menghindari konsumsi minuman beralkohol dan obat obatan tertentu seperti ibuprofen dan aspirin. Penderita maag juga biasanya menghindari makanan pedas dan terlalu asam karena sering menyebabkan nyeri lambung kambuh. Beberapa penelitian menyarankan untuk mengonsumsi selalu buah untuk mengurangi rasa nyeri dan mual akibat maag. Namun, beberapa buah perlu untuk dihindari.

Buah yang mengandung asam sitrat seperti jeruk, anggur, nanas dan sebagainya tidak baik untuk lambung. Sebaliknya buah dengan kandungan serat dan flavonoid sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. salah satu buah yang aman dan disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita maag adalah pisang.

Buah pisang memiliki tinggi kandungan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu vitamin C, B kompleks, B6, dan serotonin. Pisang juga mengandung flavonoid dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Biasanya saat seseorang terserang maag akan mengalami muntah-muntah. Jika itu terjadi, sebaiknya Anda hindari mengonsumsi makanan padat setelah muntah karena hal ini kurang baik untuk lambung. Untuk menggantinya, Anda bisa memakan buah pisang. Pasalnya, pisang memiliki tekstur daging buah yang lembut sehingga mudah dicerna dan baik bagi lambung, khususnya setelah muntah.

Pisang mengandung banyak mineral potassium (kalium) yang berperan layaknya obat antasida dengan menetralkan pH dalam lambung. Pisang juga mengembalikan elektrolit dan keseimbangan pH tubuh setelah mual dan muntah. Oleh karena itu, mengonsumsi pisang untuk penderita maag sangat dianjurkan.

loading...
loading...