Mengonsumsi Jeroan Tidak Sehat untuk Tubuh, Benarkah?

0

Pertanianku – Jeroan di Indonesia saat ini menjadi kontroversial. Banyak orang menjadi marah dan terkejut karena kebijakan pemerintah untuk mengimpor jeroan dari Australia. Salah satu keberatan yang dikemukakan adalah jeroan bukan makanan sehat. Benarkah demikian?

Mengonsumsi Jeroan Tidak Sehat untuk Tubuh, Benarkah?

Chris Kresser, M.S., L. Ac ahli nutrisi Paleo dan pengobatan integratif mengatakan dalam blog-nya, lever atau hati adalah sumber penting retinol atau pro vitamin A. Tiga ons hati sapi mengandung sekitar 26,973 IU vitamin A dan ayam sekitar 11.335 IU. Mengonsumsi hati ayam atau sapi beberapa kali seminggu akan menjamin kebutuhan vitamin A dan membantu jika Anda sedang mengalami masalah kulit.

“Folat, kolin, dan vitamin B12 yang juga banyak terkandung di hati. Kandungan B12 di dalam hati tiga kali lebih banyak dari vitamin B12 yang ada di ginjal, tujuh kali lebih banyak dari jantung, dan sekitar 17 kali lebih banyak dari lidah,” jelas Kresser.

Apakah jeroan mengandung racun?

Ketika kita bicara tentang jeroan, terutama hati. Organ-organ seperti jantung dan otak jelas tidak menyimpan racun, tetapi banyak orang takut untuk mengonsumsi hati atau ginjal karena organ-organ ini memang berfungsi menyaring racun dalam tubuh.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai penyaring racun di dalam tubuh, organ dalam seperti hati menyimpan banyak vitamin yang larut dalam lemak dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugasnya. Dengan kata lain, sebagian racun tersebut larut dalam lemak dan jika kita dapat membuang lemak itu, berarti akan lebih aman mengonsumsi jeroan.

Namun demikian, kita tetap harus memerhatikan kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalam jeroan. Mengonsumsi kolesterol terlalu banyak dapat menyebabkan peradangan yang pada gilirannya akan membuat masalah pada sistem kardiovaskular dan memicu diabetes.

Jika Anda ingin mengonsumsi jeroan, pastikan hewan sumbernya adalah hewan yang sehat, yang selama hidupnya dibiarkan hidup bebas dan makan dari sumber makanan alami di alam. Jika Anda tak yakin akan kesehatan sumber hewan pemilik jeroan, pilih jeroan organik, entah itu dari ayam, sapi, kerbau, kambing, atau bebek.

loading...
loading...