Menikmati Camilan Serangga, Berani Coba?


Pertanianku – Di Indonesia atau bahkan di beberapa negara, mengonsumsi serangga bukan lagi menjadi suatu hal yang aneh. Bahkan, beberapa orang percaya mengonsumsi serangga itu menyehatkan. Seperti yang kita ketahui, beberapa serangga memang diklaim memiliki nilai gizi yang tinggi.

Hal tersebutlah yang membuat sebuah perusahaan makanan mencoba peluang bisnis modern dengan menjual serangga dalam bentuk kalengan. Serangga yang dijual antara lain kumbang, jangkrik, belalang, siap saji dalam kaleng. Anda hanya cukup merogoh kocek Rp454 ribu untuk menikmati serangga kemasan ini.

Dilansir dari Odditycentral, ThinkGeek yang menjadi distributor, mengaku menu serangga ini tidak mengandung pewarna, perasa, dan pengawet, selain itu telah diuji di Thailand. Mereka pun mengklaim produk ini menjadi alternatif cemilan lebih sehat. Pasalnya, serangga memang sudah dikenal sebagai sumber protein yang tinggi.

“Serangga adalah snack favorit di wilayah Asia. Kami sadar harus mengenalkan panganan ini ke seluruh dunia. Daripada makan keripik berbumbu, lebih baik makan kalajengking rasa rumput laut atau belalang keju,” ungkap Steve Zimmerman.

Serangga dalam kemasan ThinkGeek ini mengusung 7 varian rasa antara lain The Bacon and Cheese Grasshoppers (belalang dengan rasa daging bacon dan keju), BBQ Bamboo Worms (ulat bambu rasa BBQ), Nori Seaweed Armor Tail Scorpion (kalajengking rasa rumput laut), Salted Queen Weaver Ants (ratu semut rasa asin), Sour Cream & Onion Dung Beetles (kumbang rasa bawang asin), Wasabi House Cricket (jangkrik rasa wasabi), dan Giant Waterbug Chili Paste (kutu air raksasa rasa pasta cabai).

Menurut penelitian, santapan ini memiliki nilai gizi yang jauh lebih tinggi daripada kacang dan buah-buahan kering. Snack serangga ini mengandung protein tinggi, serat, dan mineral.

Baca Juga:  Mengolah Belalang Menjadi Kerupuk, Seperti Apa Ya?

“Serangga siap saji bisa menggantikan camilan. Jika kalian sudah bisa merasa nyaman makan serangga maka itu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sejauh ini serangga kalengan kami memuaskan para konsumennya,” tutur Steve.

Bagaimana, tertarik mencobanya sebagai camilan di kala santai?

loading...
loading...