Meningkatkan Produksi Susu Sapi Perah dengan Ekstrak Buah Delima

0

Pertanianku – Buah delima memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi manusia. Buah delima terkenal akan kandungan vitamin dan anti-oksidan. Namun, manfaat buah delima tak hanya untuk manusia saja, lho. Tahukah Anda bahwa ekstrak buah delima dapat meningkatkan produktivitas susu sapi perah?

Hal ini dibuktikan oleh sebuah riset dari tim ilmuwan Israel yang menyebutkan bahwa penambahan ekstrak buah delima ke dalam pakan sapi perah mampu meningkatkan produksi susu sapi dan meningkatkan performanya.

Tim peneliti menggunakan konsentrat ekstrak buah delima (concentrated pomeogranate extract/CPE) yang ditambahkan sebagai suplemen dalam diet sapi yang sedang peningkatan asupan pakan sapi sebesar masing-masing 3,9% dan 4,9% dibanding sapi yang tidak memperoleh perlakukan (kontrol).

Selain peningkatan asupan sapi pakan, sapi yang mendapat perlakuan serupa juga menunjukkan kenaikan produksi susu sebesar 5,4% dan 8,2%. Bahkan, ditemukan juga kasus penyakit mastitis klinis yang lebih rendah.

Selain itu, pada sapi yang memperoleh suplemen CPE, kegiatan anti-oksidan meningkat sekitar 15—17,2%. Pada percobaan yang lebih lengkap terhadap kelompok sapi yang baru memasuki tahap menyusui dan yang sudah dalam tahap pertengahan masa menyusui, semua tetap menunjukkan hasil serupa, yaitu terjadi kenaikan hasil susu.

loading...
loading...