Menjaga Kesehatan Jantung dengan Biji Anggur

0

Pertanianku – Gaya hidup masyarakat perkotaan sangatlah konsumtif dan serba instan sehingga memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti stroke, kolesterol, asam urat hingga penyakit jantung, kendati penderita masih berusia muda.

Khusus untuk mengatasi gangguan jantung, menurut Ujang Edi, herbalis asal Desa Ciherang, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bisa ditangkal dengan biji anggur.  Dikatakan Ujang, dari dulu biji anggur memang dikenal baik untuk menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, ia kerap meresepkan biji anggur untuk mengobati pasien yang mengalami gangguan jantung.

Biji anggur memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh seperti bioflavonoida, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan mineral penting (seng dan mangaan). Biji anggur memiliki tekstur yang tidak terlalu keras sehingga bisa dicerna, aman, dan pastinya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebelum mengonsumsi anggur biasanya orang membuang bijinya terlebih dahulu karena dianggap mengganggu ketika memakannya. Namun, tahukah Anda jika biji anggur memiliki khasiat? Benarkah demikian?

Untuk mengonsumsi biji anggur, caranya cukup mudah. Ujang menyarankannya dengan mengeringkan biji anggur terlebih dahulu sebanyak 20 biji, tumbuk hingga halus, lalu seduh dengan seperempat gelas air hangat seperti menyeduh kopi.

“Biji anggur memiliki senyawa yang dapat melancarkan peredaran darah bahkan dapat menetralkan kadar kolesterol,” ujar Ujang.

Guna mendapatkan khasiat prima, Ujang menyarankan dengan menggunakan biji dari anggur manis. Sebab, jika menggunakan biji dari anggur masam dapat berefek samping pada lambung akibat kandungan masam yang tinggi.

loading...
loading...