Mentan: Benih yang Baik Menjadi Faktor Keberhasilan Produksi

0

Pertanianku – Ketersediaan benih yang berkualitas merupakan faktor penting dalam keberhasilan prosuktivitas di sektor pertanian. Hal ini sampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Sistem Infomasi Kementan, Suwandi.

Mentan: Benih yang Baik Menjadi Faktor Keberhasilan Produksi

 

Menurut Suwandi, peran BUMN yang bergerak di bidang pertanian seperti PT Sang Hyang Seri (SHS) sangat diperlukan untuk menyediakan benih unggul di petani. Apalagi pengadaan benih subsidi dari Kementan dilakukan oleh BUMN salah satunya SHS.

“Dari peningkatan ketersediaan benih unggul di tingkat petani, maka dampak peningkatan hasil produksi juga cukup signifikan,” ungkap Suwandi, melansir dari Jitunews (15/11).

Suwandi menjelaskan bahwa sepanjang 2016, berdasarkan data pra ARAM BPS, Kementerian Pertanian mampu produksi padi sebanyak 79,1 juta ton GKG atau naik 4,96% dari 2015. Dengan keberhasilan ini maka Indonesia tidak impor beras.

“Artinya pada 2017 mendatang, SHS punya tugas berat untuk menyediakan benih unggul dan tersedia tepat waktu di petani. Karena keberhasilan peningkatan produksi sangat ditentukan kualitas benih dan distribusinya,” tutur Suwandi.

Suwandi berharap ke depan SHS mampu meningkatkan perannya terutama dalam menyediakan benih yang berkualitas kepada petani sehingga produksi di sektor pangan seperti beras terus meningkat.

loading...
loading...