Mentan Tantang Peternak Sulawesi Selatan Genjot Produksi

Pertanianku – Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengimbau para peternak di Sulawesi Selatan untuk meningkatkan hasil ternak. Mentan saat ini sedang memfokuskan pada program peternakan dengan menggulirkan program SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting). Hal ini disampaikan di hadapan peternak di Bone, Sulawesi Selatan, belum lama ini.

Mentan Tantang Peternak Sulawesi Selatan Genjot Produksi

Mentan juga menantang pelaku dan peternak di Sulsel tentang kebutuhan Inseminasi Buatan (IB) yang akan dibantu oleh Kementerian Pertanian.

“Kami targetkan tahun 2018 kegiatan Upsus (Upaya Khusus, red.) ini akan memberikan kontribusi kelahiran sapi sebanyak 3 juta ekor,” jelas Andi Amran, seperti melansir dari laman Kementerian Pertanian (4/11).

Pada acara panen sebelumnya di Lamongan, Mentan telah meluncurkan Upaya Khusus SIWAB dengan tujuan mengakselerasi penambahan populasi sapi potong di dalam negeri. Upsus Siwab mencakup dua kegiatan utama, yaitu peningkatan populasi melalui IB dan kawin alami yang dibuat dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/PK210/10/2016 tentang upaya khusus percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau bunting.

Upaya ini dilakukan oleh Amran sebagai komitmen pemerintah dalam mewujudkan kemandirian pangan asal hewan dan meningkatkan kesejahteraan peternak sekaligus mengejar swasembada sapi 2026 seperti yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mentan menyampaikan Upsus Siwab akan memaksimalkan potensi sapi indukan di dalam negeri dengan memaksimalkan pemanfaatan IB.

Selain kebuntingan dan kelahiran 3 juta anakan sapi dan kerbau, sasaran lain yang ditargetkan Upsus Siwab adalah penanganan kasus gangguan reproduksi pada sapi sebanyak 300 ribu ekor dimana sebanyak 180 ribu ekor sembuh dan siap untuk diberikan IB.

Sebelumnya, Bupati Bone A. Fhashar mengatakan bahwa untuk memaksimalkan program Upsus ini Kabupaten Bone idealnya harus memiliki inseminator 150 orang. Setiap satu orang inseminator bertanggung jawab untuk dua desa dengan total desa di Bone ada 347 desa. Bone juga merupakan pemasok daging terbesar nomor 3 di Indonesia.

Sementara Wakil Gubernur Selawesi Selatan dalam sambutannya mengatakan saat ini Sulawesi Selatan siap untuk menyukseskan Program Siwab ini telah menyiapkan tenaga inseminator sebanyak 340 orang dan memberikan insentif Rp350.000,00 untuk setiap satu kelahiran pedet hasil IB.

loading...
loading...