Mentan Targetkan Kawasan Indonesia Timur Swasembada Pangan


Pertanianku – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menargetkan kawasan Indonesia bagian Timur untuk mewujudkan swasembada pangan.

mentan-targetkan-kawasan-indonesia-timur-swasembada-pangan

“Timur ini harus dibangun dan dirancang dengan baik, kami ingin mengerahkan pemuda dari Kawasan Timur Indonesia, tujuannya untuk swasembadakan Kalimantan, swasembadakan Sulawesi Tengah, NTT, NTB, sampai Irian,” kata Amran yang ditemui di Makassar, belum lama ini seperti dilansir dari Antaranews (29/11).

Mentan mengatakan jika Kawasan Timur Indonesia tidak mampu berswasembada, dampaknya adalah tingginya biaya transportasi bahan pangan yang ditanggung oleh konsumen.

“Contoh kalau bawang harus dipasok dari Brebes, berarti biaya angkutnya ditanggung oleh konsumen, rantai pasokannya panjang,” ujar Mentan.

Amran mengungkapkan bahwa sangat penting untuk membangun kemandirian pangan di setiap pulau di Indonesia, termasuk di Kawasan Timur Indonesia.

“Sekarang Jawa sudah bisa mandiri bahkan surplus, nah sekarang bagaimana agar Sulawesi, Kalimantan dan Papua juga bisa mandiri,” tutur Amran.

Mentan melanjutkan, apabila setiap pulau sudah mampu berswasembada, surplus produksi di suatu wilayah dapat langsung diekspor.

“Kalau Sulawesi Selatan misalnya surplus, itu bisa langsung diekspor, apa lagi ada pasar ekspor yang besar misalnya Malaysia yang jumlah penduduknya 30 juta,” jelas Mentan Amran.

Pasar ekspor, lanjutnya, merupakan celah kesempatan besar yang dapat dimanfaatkan oleh petani Indonesia. Indonesia misalnya, kata Amran, baru saja mengekspor beras organik ke Belgia dengan harga enam euro per kg.

“Kami berharap swasembada Kawasan Timur dapat kita capai dalam waktu dekat, kita sedang buat grand design Indonesia lumbung pangan dunia 30 tahun ke depan, yang penting kita harus konsisten, tidak bisa dengan hanya sekadar wacana dan seminar, harus kerja,” tutup Mentan.

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik
loading...
loading...