Menteri Pertanian Hadiri Panen Raya Padi Hibrida

Pertanianku – Belum lama ini Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menghadiri panen rada padi hibrida sembada di Desa Ngompo, Kecamatan Pangkur, Ngawi, Jawa Timur. Jenis yang dipanen adalah varietas benih padi hibrida Sembada B9 dan Sembada 168.

Menteri Pertanian Hadiri Panen Raya Padi Hibrida

Panen raya padi hibrida kali ini merupakan hasil dari budidaya benih padi hibrida sembada yang dilakukan oleh PT Biogene Plantation bersama Kelompok Tani Ngawi dan didukung Kementerian Pertanian dan jajaran Pemerintah Daerah. Kedua varietas yang dipanen tersebut adalah hasil penangkaran di area seluas 200 hektare yang tersebar di tiga kecamatan di Ngawi, yaitu Pangkur, Padas, dan Kwadungan.

Direktur Utama PT Biogene Plantation, Bambang Purwadi Priyono, menjelaskan, padi hibrida varietas Sembada terbukti memiliki beberapa keunggulan, diantaranya potensi hasil produksi bisa mencapai 13,4 ton/hektare gabah kering panen, dengan capaian rata-rata produksinya mencapai 10 ton/hektare. Rata-rata ini lebih tinggi dibandingkan produksi padi inbrid.

“Selain itu padi hibrida varietas Sembada menghasilkan tekstur dan rasa nasi yang disukai oleh masyarakat,” tutur Bambang seperi dilansir dari Republika (31/10).

Bambang mengatakan bahwa padi sembada memiliki ketahanan terhadap berbagai hama utama tanaman padi.

Pada kesempatan ini Menteri Pertanian memberikan bantuan benih padi hibrida gratis kepada kelompok tani Kabupaten Ngawi untuk area tanam seluas 10.000 hektare.

Selain Menteri Pertanian, panen raya benih juga dihadiri Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto, sejumlah anggota Komisi IV DPR, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), perwakilan Polda Jatim, serta jajaran Kodam V Brawijaya.

loading...
loading...