Menyambut Panen Raya, Petani di Purbalingga Panen Padi Bersama


Pertanianku – Untuk Menyambut panen raya, Kelompok Tani Ngudi Karya dan Kelompok Tani Ngudi Makmur melakukan panen raya bersama di Desa Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Tidak hanya kelompok tani sekitar yang merayakannya, acara panen raya ini juga turut dihadiri Bupati Tasdi, Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, dan sejumlah pejabat dari instansi terkait.

Menyambut Panen Raya, Petani di Purbalingga Panen Padi Bersama

Dalam panen raya tersebut, Bupati Tasdi menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya pada para petani di Kalimanah yang telah bekerja keras menjaga ketahanan pangan yang menjadi salah satu penopang keberhasilan produksi pangan di Purbalingga. “Tanpa kerja keras petani, Purbalingga tidak akan mengalami surplus pangan,” kata Tasdi, seperti dilansir dari Republika (5/10).

Bupati menyebutkan, wilayah Kecamatan Kalimanah merupakan salah satu wilayah lumbung beras di Kabupaten Purbalingga sehingga perlu dijaga kelestarian luas lahan pertaniannya. “Wilayah Purbalinga, secara keseluruhan memiliki luas lahan sawah sekitar 1.400 hektare dan ikut menyumbang surplus beras sebesar 63.000 ton pada 2015,” tambah Tasdi.

Sementara itu, dalam mengatasi masalah klasik petani berupa harga gabah yang anjlok pada setiap musim panen, dalam acara pemberian bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada petani di Desa Gemuruh Kecamatan Padamara sebelumnya, Bupati menyatakan saat ini sedang merancang revisi Peraturan Daerah Perusahaan Daerah Puspahastama.

“Kami akan terus berkomitmen membangun ekonomi kerakyatan, salah satunya dengan mengevaluasi seluruh Perusahaan Daerah di Kabupaten Purbalingga, termasuk PD Puspahastama yang salah satu fungsinya adalah menampung serta menyerap hasil-hasil pertanian utama,” tutur Tasdi.

Tasdi berharap, dengan adanya revisi tersebut, PD Puspahastama memiliki ruang gerak lebih leluasa untuk membantu petani, sekaligus mengembangkan bisnis di bidang penyerapan dan penyaluran bahan pangan. Dalam acara penyerahan alsintan tersebut, seorang petani sebelumnya meminta agar Pemkab Purbalingga untuk membuat terobosan agar dapat mengatasi anjloknya harga jual gabah yang terjadi pada setiap musim panen raya.

Baca Juga:  Rusia Miliki Kampung Vegetarian
loading...
loading...