Meraup Omzet Ratusan Juta dari Budidaya Buah Naga

0

Pertanianku – Buah naga adalah buah yang cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena buah naga mudah didapatkan, terlebih karena buah ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Tak hanya menyehatkan, buah naga memiliki rasa yang manis.meraup-omzet-ratusan-juta-dari-budidaya-buah-naga

Melihat prospek yang cukup bagus Kelompok Tani Mitra Tani Unggul asal Kabupaten Jember, Jawa Timur, merasa tertantang untuk mengembangkan budidaya buah naga.

Buah naga yang diproduksi kelompok tani tersebut mampu menembus pasar nasional dan memasok jaringan ritel besar di Jakarta dan sejumlah pasar di Pulau Jawa. Bahkan, mulai merambah pasar ekspor hingga ke Timur Tengah.

Salah satu anggota Kelompok Tani Mitra Tani Unggul, Asroful Uswantun, mengatakan, buah naga produksi kelompok taninya berhasil menembus jaringan ritel All Fresh di Jakarta dan memasok sejumlah pasar buah di Kalimantan.

“Setiap hari buah naga yang kami kirim minimal 10 ton ke beberapa pasar buah di Surabaya dan Jakarta,” ungkap Asroful.

Meski lahan budidaya kelompok tani tersebut tidak begitu luas, hasil panen buah naga yang dikelola Asroful cs diakui memang sangat menjanjikan. Dari lahan yang hanya seluas 3 hektare, Asroful mengaku mampu menghasilkan sebanyak 20 ton buah naga per tahun.

“Setahun, pendapatan saya bisa mencapai Rp104 juta,” lanjutnya.

Menyoal teknis buah naganya sendiri, Asroful mengaku dirinya menanam buah naga dengan memakai pupuk organik. Dia bahkan telah mengantongi Sertifikasi Prima dari otoritas kompeten Keamanan Pangan Daerah Dinas Pertanian Jawa Timur sebagai produk pangan yang aman dikonsumsi.

Itu sebabnya, buah naga organik milik petani Kabupaten Jember tersebut kini banyak dicari dan hasil panennya telah dikirim ke sejumlah pasar modern seperti di pasar swalayan di kota-kota besar.

loading...
loading...