Miris! Tahun 2050 Burung Laut di Dunia Diprediksi Akan Makan Plastik!


Pertanianku – Baru-baru ini para ilmuwan memperkirakan, 99% burung laut di seluruh dunia akan menelan plastik pada 2050. Beberapa penelitian telah menunjukkan polusi plastik mencapai 580 ribu lembar per kilometer persegi di laut.

Plastik berdampak buruk pada kehidupan laut, dan menurut beberapa perkiraan, kondisinya akan semakin memburuk. Para ilmuwan dari SCIRO dan Imperial College London telah memproyeksikan bahwa 90% dari burung laut saat ini terdapat plastik di perut mereka dan jumlah itu akan bertambah menjadi 99% pada 2050.

“Kami telah menemukan hampir 200 lembar plastik di perut burung laut,” ujar Denise Hardesty dari SCIRO Oceans and Atmosphere, seperti dikutip National Geographic.

Jika terus-menerus mengonsumsi plastik, dampak paling cepat yang bisa dirasakan oleh burung-burung itu adalah pengurangan berat badan. Sementara itu, efek jangka panjangnya adalah kematian.

Untuk mengukur berapa banyak plastik yang dikonsumsi burung laut, para ilmuwan telah mencocokkan lokasi sampah di lautan dengan bagaimana burung laut menyebar secara global. Model itu kemudian digunakan untuk memperkirakan berapa banyak plastik masuk ke laut.

“Kami menyimpulkan bahwa garis pantai adalah penghasil sampal plastik terbesar dan itu berpusat di Australia bagian selatan, Afrika Selatan, dan Amerika Selatan,” ungkap Chris Wilcox, periset senior di SCIOR.

Selain ulah manusia, para kawanan burung laut seperti penguin, camar, dan dara laut mengonsumsi plastik karena mereka sulit membedakan akibat kecerahan warna pakan dan plastik yang sama-sama menyala di mata kawanan burung laut.

Baca Juga:  Ubur-ubur Ternyata Juga Bisa Tidur
loading...
loading...