Mudahnya Budi Daya Kelapa Hibrida

Pertanianku – Kelapa merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di iklim tropis. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, batang dan daunnya pun dapat menjadi nilai guna yang menghasilkan uang. Oleh karena itu, usaha budi daya kelapa pun paling banyak diminati karena dirasa cukup produktif jika dikembangkan menjadi sebuah bisnis.

Mudahnya Budi Daya Kelapa Hibrida

Agar hasil produksi pohon kelapa dapat berjalan semestinya dan sesuai yang diharapkan, pemilihan bibit kelapa pun juga harus dilakukan dengan sangat benar dan teliti. Salah satunya adalah kelapa hibrida yang dihasilkan dari persilangan antara kelapa genjah dan kelapa varietas dalam. Bagi Anda yang tertarik untuk budi daya kelapa hibrida, tetapi belum mengetahui cara budidayanya yang baik, berikut ini panduannya.

Cara memilih bibit kelapa

Pada budi daya kelapa hibrida, pemilihan bibit harus benar-benar diperhatikan. Bibit hibrida haruslah unggul agar masa panen nanti buah kelapa dapat berbuah lebih cepat dan hasil buahnya pun menjadi optimal. Untuk persiapan benih dapat dilakukan dengan cara bertahap, yaitu dalam waktu 5—12 bulan sebelum mendekati masa tanam yang sudah ditentukan sebelumnya. Apabila bibit sudah berusia 5—8 bulan, baru dapat dipindahkan ke lahan tanam yang telah disediakan.

Budi daya kelapa hibrida

Pada saat ingin memulai budi daya kelapa hibrida, Anda perlu memerhatikan tekstur tanah. Apabila tanah keras, lubang yang dibutuhkan juga harus berukuran besar. Jika tanah ringan, ukuran lubang yang dibutuhkan juga relatif kecil. Sebelum menanam bibit, lubang tanah harus diberi campuran tanah gembur. Proses ini dilakukan selama 2—4 minggu. Setelah itu, berikan pupuk organik sebanyak 20 kg. Selanjutnya, bibit dapat ditanam dengan kedalaman sekitar 10 cm.

Berikutnya yang harus dilakukan pada budi daya kelapa hibrida, yaitu pemeliharaan tanaman. Salah satu pengganggu yang dapat merusak tanaman adalah gulma, terlebih pada tanaman pohon kelapa hibrida ini. Untuk itu, pemeliharaan tanaman dengan cara membasmi gulma sangat diperlukan dalam waktu 2 bulan sekali menggunakan ukuran radius 1 meter untuk tanaman pohon kelapa yang masih muda dan ukuran radius 2 meter untuk tanaman pohon kelapa yang sudah berusia dewasa.

Pemupukan juga merupakan hal yang penting pada budi daya kelapa hibrida. Untuk pemeliharaan, pohon kelapa hanya membutuhkan 2 kali pemupukan pada setiap tahunnya, yaitu pada awal tanam dan akhir musim hujan saja. Pemberian pupuk TSP sebanyak 100—400 gr, Urea sejumlah 600 gr—1 kg. Pupuk diberikan secara melingkar dengan menggunakan ukuran radius. Jika semua tahap selesai, Anda tinggal menunggu sampai kelapa hibrida dapat dipanen.

loading...
loading...