Mudahnya Budidaya Buah Murbei dalam Pot

Pertanianku – Buah murbei atau yang lebih dikenal dengan nama arbei merupakan tanaman buah perdu yang jika diamati sekilas mirip dengan stroberi. Di Indonesia buah ini sudah tidak asing lagi.

Mudahnya Budidaya Buah Murbei dalam Pot

Selain rasanya yang enak, buah murbei juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya mencegah perkembangan sel tumor, mengobati sariawan, mencegah kanker, mencegah penyakit liver, mengobati tifus, dan masih banyak lainnya. Namun, di Indonesia belum banyak petani yang membudidayakannya.

Sebenarnya, budidaya buah murbei cukup mudah dilakukan, terlebih buah ini cepat tumbuh dan tidak membutuhkan lahan dengan kriteria khusus. Anda pun bisa melakukan budidaya buah murbei dalam pot atau yang biasa disebut tabulampot.

Persiapan bibit

Untuk mencoba budidaya buah murbei dalam pot, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit yang berkualitas. Bibit murbei dapat Anda peroleh melalui setek.

Persiapan media tanam

Setelah bibit didapatkan, tahap selanjutnya adalah mempersiapkan media tanam. Media tanam murbei terdiri atas campuran tanah, kompos, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2:1:0,5:0,5. Seluruh media tersebut dicampurkan hingga homogen. Kombinasi itu menjamin media porous sehingga murbei dapat tumbuh subur.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat ajir sebagai tempat murbei merambat sekaligus membentuk tanaman murbei rimbun.

Ajir ini biasanya terbuat dari bambu. Anda bisa merangkai bambu tersebut melingkar mengelilingi pot. Tinggi ajir dapat disesuaikan dengan tinggi murbei. Biasanya, tinggi ajir sekitar 60 cm.

Perawatan dan pemeliharaan

Untuk perawatannya, Anda cukup memberikan pupuk NPK seimbang dan pupuk guano. Berikan pupuk 2 bulan, dengan dosis masing-masing pupuk sebanyak 2 sendok makan. Tidak lupa juga untuk menyiramnya sebanyak dua kali dalam sehari yang dapat dilakukan pagi dan sore hari.

Cukup mudah untuk membudidayakannya bukan?! Jika Anda berminat, cobalah di rumah. Selamat bercocok tanam!

loading...
loading...