Mudahnya Budidaya Jambu Air dalam Pot

0

Pertanianku – Jambu air merupakan buah yang memilik kadar air cukup banyak, sesuai dengan namanya. Buah yang memiliki beberapa jenis ini juga bercita rasa manis.

mudahnya-budidaya-jambu-air-dalam-pot

Membudidayakan jambu air sangatlah mudah. Banyak masyarakat kini membudidayakan jambu air menggunakan pot. Ini karena teknik bercocok tanam dalam pot dirasa lebih mudah dan tidak memakan banyak lahan.

Untuk membudidayakan jambu ini di dalam pot, terdapat beberapa komponen yang harus disiapkan terlebih dahulu. Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah pemilihan bibit. Berikut beberapa tips memilih bibit jambu yang berkualitas.

  • Memilih bibit untuk jambu air ini, akan lebih baik bila dari proses cangkok, bukan dari biji.
  • Bibit dengan cara cangkok harus berasal dari induk yang sudah berbuah
  • Pemilihan bibit harus sudah berumur, setidaknya pada usia cangkok selama 2—3 bulan.

Setelah pemilihan bibit selesai, proses selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Siapkanlah media tanam dengan baik dan benar agar bibit dapat tumbuh dengan baik. Lakukan penataan tanaman dengan jarak 2,5—3 m. Tujuan dari pemberian jarak ini ialah untuk memberikan sela atas adanya sirkulasi udara dari antarpohon.

Setelah penanaman selesai, Anda hanya tinggal merawatnya seperti melakukan penyiraman dan pemupukan. Pada fase pertama, lakukan penyiraman dengan 2 kali di setiap harinya. Penyiraman ini bisa dilakukan setiap pagi dan sore hari dengan kran otomatis karena dapat memudahkan proses tersebut. Terlebih jika tabulampot jambu air ini dalam jumlah yang banyak. Berbeda dengan pemupukan yang dilakukan seminggu dua kali, menggunakan pupuk kandang. Akan tetapi, pemupukan ini berlaku sekali dalam satu minggu bilamana tanaman tersebut sedang berbuah.

Untuk perawatan tabulampot jambu air dari serangan hama dan penyakit, diperlukan perlindungan berupa kelambu. Cara ini juga jauh lebih efektif untuk menjaga kondisi tabulampot di setiap harinya.

Setelah semua itu siap, tinggal menunggu masa panen. Pemanenan jambu ini dapat dilakukan setiap saat karena bukan buah musiman. Akan tetapi, tanaman jambu air ini setidaknya telah berusia 1, 5—2 tahun. Hingga pada usia tersebut, nantinya dapat berbuah banyak dan bukan musiman.

loading...
loading...