Mudahnya Membuat Pakan Ikan Lele dari Ampas Tahu


Pertanianku – Ikan lele merupakan salah satu komoditas perikanan yang cukup menjanjikan jika dikembangkan, baik skala rumahan maupun skala industri. Tak sedikit kita mendengar banyak yang sukses dari bisnis budidaya ikan lele. Terlebih, banyak metode dan teknik untuk membudidayakannya. Bahkan, beberapa metode budidaya ikan lele dapat melipatgandakan hasil produksi. Oleh karena itulah, banyak masyarakat yang kepincut memulai usaha budidaya ikan lele.

mudahnya-membuat-pakan-ikan-lele-dari-ampas-tahu

Salah satu faktor yang membuat masyarakat menekuni usaha ini adalah perawatan yang harus dilakukan bisa dibilang tidaklah terlalu rumit dibanding budidaya jenis ikan lainnya. Namun, kendala yang sering dirasakan oleh para pembudidaya adalah masalah pakan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa harga pakan, baik itu untuk ikan maupun ternak sering naik turun. Hal itulah yang menjadi masalah sehingga muncullah ide-ide baru untuk membuat pakan alternatif. Salah satu ide tersebut adalah membuat pakan alternatif lele dari ampas tahu.

Sebenarnya, selain dari ampas tahu, ada juga pakan ikan lele dari dedak bekatul. Itu memang menjadi solusi bagi para pembudidaya ikan lele untuk menghemat serta menekan anggaran belanja pakan. Hasil ikan yang didapatkan dari pemberian pakan ikan ini lumayan bagus karena ampas tahu merupakan bahan organik yang bisa membuat pertumbuhan ikan lele menjadi lebih baik. Berikut cara membuat pakan ikan alternatif dari ampas tahu.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • Ampas tahu (5 kg)
  • Dedak halus (5 kg)
  • Tepung ikan (1 kg)
  • Tetes tebu (1 liter)
  • Probiotik (200 ml)
  • Ragi tempe (2 sendok makan)

Cara pembuatan:

Setelah semua bahan yang dibutuhkan telah siap, proses selanjutnya adalah membuatnya menjadi pakan. Semua bahan tadi dicampur sampai rata, kemudian masukkan dalam wadah, bisa ember atau kantong plastik yang diberi lubang udara menggunakan selang yang ujungnya ditutup dengan plastik secara rapat. Setelah semua itu dilakukan, sekarang saatnya untuk menyimpannya dalam suatu tempat selama kurang lebih 5 hari agar proses fermentasi alami yang berlangsung bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Panen Nila 500 Gram per Ekor

Setelah menunggu 5 hari, pakan tersebut bisa digunakan. Berikan pakan secara langsung dengan mengepalnya terlebih dahulu. Namun, sebaiknya pakan ini diberikan pada lele yang berusia di atas 1 bulan dari pertama menebar benih. Pakan ini bisa diberikan 2—3 kali sehari pada waktu pagi atau siang hari.

Cukup mudah membuat bukan membuat pakan ikan lele? Selamat mencoba!

loading...
loading...