Mudahnya Membuat Pestisida Organik EM-4

0

Pertanianku – Pada budidaya sayuran atau buah, saat ini banyak petani beralih menggunakan pestisida organik karena dirasa lebih ramah lingkungan dan tidak berbahaya. Pasalnya, buah dan sayur yang terpapar pestisida kimia dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, pestisida kimia yang digunakan secara berlebihan tidak baik untuk lingkungan sekitar karena dapat merusak tanah.

Mudahnya Membuat Pestisida Organik EM-4

Pestisida organik dapat Anda buat sendiri. Jika membuatnya sendiri, otomatis akan bisa menekan biaya produksi bukan? Salah satu jenis pestisida yang dapat dibuat sendiri adalah pestisida organik EM-4. Perlu diingat, membuat pestisida organik sangatlah murah dibanding membeli pestisida kimia buatan pabrik. Lantas, bagaimana cara membuat pestisida organik. Berikut panduan lengkap membuat pestisida organik EM-4.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Molase/tetes/gula 100 ml (0,5 ons)
  • EM-4 100 ml
  • Cuka makan/cuka aren 100 ml
  • Alkohol (40%) 100 ml
  • Air cucian beras (yang pertama) 1.000 ml

Cara membuat:

Campurkan semua bahan ke dalam wadah atau jerigen, lalu tutup rapat. Lakukan pengecekan rutin setiap pagi dan sore hari dengan membuka tutup jerigen untuk mengeluarkan gas hasil dari proses fermentasi, kemudian tutup dan kocok agar larutan tercampur rata dan terfermentasi sempurna. Setelah tidak ada gas yang terbentuk, kurang lebih 15 hari hentikan pengocokan. Diamkan lagi selama 7 hari.

Dosis pemakaian:

Larutkan pestisida organik EM-4 sebanyak 5—10 ml untuk setiap 1 liter air. Semprotkan pestisida pada sore hari menjelang matahari terbenam.

loading...
loading...