Nelayan DIY Membutuhkan 200 Kapal Baru Guna Tingkatkan Pendapatan


Pertanianku – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta pemerintah pusat mengalokasikan bantuan kapal sebanyak 200 unit untuk mendukung nelayan setempat. Nelayan di Yogyakarta yang berjumlah sekitar 500 orang saat ini sangat membutuhkan bantuan kapal baru dari pemerintah pusat.

Nelayan DIY Membutuhkan 200 Kapal Baru Guna Tingkatkan Pendapatan

“Dengan kapal baru, nelayan bisa menangkap ikan pada area jangkauan yang lebih luas dari yang sekarang ini,” ujar Ketua Komite Tetap Kadin DIY Bidang Kelautan dan Pesisir Kusdiyono seperti dilansir Republika (10/10).

Kebutuhan kapal baru menjadi fokus utama program kerja Kadin Bidang Kelautan dan Pesisir di Yogyakarta.

Kusdiyono berharap dengan kapal baru, nelayan dapat meningkatkan hasil tangkapan dan pendapatan nelayan pun bertambah. Dibandingkan dengan menggunakan perahu kecil, melaut dengan kapal baru diperkirakan dapat meningkatkan pendapatan nelayan hingga 15 kali lipat. “Selain bantuan pengadaan kapal, nelayan juga membutuhkan pelatihan khusus dari pemerintah,” ucap Kusdiyono.

Pengadaan kapal baru untuk nelayan dapat disalurkan melalui koperasi. Dengan begitu, nelayan bisa mencicil pembelian kapal dengan angsuran yang ringan. “Kami berharap pemerintah dapat mewujudkan bantuan 200 unit kapal untuk nelayan. Syukur-syukur bantuan kapal itu bisa dihibahkan kepada nelayan DIY,” tutup Kusdiyono.

Baca Juga:  Wisata Edukasi Penangkaran Burung Desa Wukasari Terus Dikembangkan
loading...
loading...