Omzet Rp1,7 Miliar per Tahun dari Usaha Pembibitan Ikan Nila


Pertanianku – Banyak masyarakat yang sukses dan berhasil menjalankan bisnis perikanan. Salah satu bisnis perikanan yang cukup potensial dan menjanjikan adalah usaha pembibitan ikan nila.

omzet-rp17-miliar-per-tahun-dari-usaha-pembibitan-ikan-nila

Seperti Kelompok Pembudidayaan Ikan (KPI) Mina Jayra di Dusun Kaliwaru Kalasan Sleman, Yogyakarta yang mengembangkan usaha pembibitan ikan untuk memenuhi kebutuhan ikan di beberapa pasar di daerah setempat nahkan di luar daerah.

KPI saat ini telah memproduksi bibit khususnya jenis ikan nila tiap tahunnya mencatat 192 ton dengan omzet Rp1,7 miliar/tahun.

Pembibitan ikan KPI Mina Jaya lebih difokuskan untuk pendederan jenis nila merah dan persilangan. Budidaya dilakukan di atas lahan seluas 28 hektare yang terdiri atas 120 kolam. Selain nila merah, KPI Mina Jaya juga mengembangkan ikan lain seperti bawal dan graskap.

Pembibitan ikan nila memiliki peluang pasar yang potensial karena permintaan bibit nila merah terus meningkat. Mengantisipasi terjadinya stagnasi volume produksi akibat terkendala lahan, untuk kedepannya akan dilakukan pengembangan budidaya berbasis teknologi.

“Untuk melayani tingginya permintaan kami masih sering kewalahan. Karena itu tiap tahun ditargetkan peningkatan produksi minimal 10%,” ujar pengurus KPI Mina Jaya Sri Hartono.

Keberhasilan pembibitan ikan ikan yang dilakukan KPI Mina Jaya ini telah mengantarkan kelompok tersebut meraih Juara I Lomba Pokdakan Tingkat Provinsi Yogyakarta.

Baca Juga:  Ternyata Ini yang Menyebabkan Ikan Jadi Beracun!
loading...
loading...