Pakan Alami untuk Hewan Ternak


Pertanianku – Bagi Anda yang memiliki usaha peternakan, terutama unggas, pakan ternak merupakan salah satu penentu kesuksesan usaha ternak yang dijalankan. Namun, tahukah Anda terdapat beberapa biji tanaman yang dapat diberikan sebagai pakan ternak?

Peternak Sapi Belum Juga Mendapat Kemudahan Pinjaman Modal

Ada beberapa macam tanaman yang dapat digunakan para peternak untuk memberi makan ternaknya. Tidak semua tanaman dapat dimakan hewan ternak. Oleh karena itu, peternak perlu mengetahui jenis-jenis tanaman yang dapat digunakan untuk dimakan hewan ternaknya secara aman dan memastikan apa kegunaan tanaman tersebut bagi hewan ternaknya agar tetap sehat. Berikut beberapa biji tanaman yang dapat diberikan pada hewan ternak unggas.

  1. Biji jagung

Jagung merupakan tanaman yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, fosfor serta vitamin A, B1, dan air. Bertekstur butiran dan berwarna oranye/kuning. Jagung memiliki manfaat sebagai sumber energi bagi hewan ternak. Biasanya hewan ternak yang mengonsumsi biji jagung adalah burung kecil, ayam, dan sejenisnya.

  1. Biji padi

Melalui proses penggilingan, biji padi akan berubah menjadi dedak yang dapat dikonsumsi hewan ternak seperti ayam, bebek, angsa, dan lain-lain. Teksturnya akan berubah menjadi halus dan berwarna cokelat. Dalam biji padi yang sudah melalui proses tersebut terkandung air, protein, dan lemak. Dedak memiliki fungsi sebagai sumber energi hewan ternak yang memakannya.

  1. Biji kedelai

Bagian dari biji kedelai yang dipergunakan untuk pakan ternak adalah kulitnya. Bertekstur kasar dan berwarna cokelat. Namun, untuk mempergunakan kulit kedelai diperlukan proses fermentasi dengan bantuan Aspergillus Niger agar tidak menghambat pembuatan telur pada unggas. Ini dikarenakan pengaruh tekstur kulit kedelai yang kasar.

Baca Juga:  Mendadak! Walikota Semarang Datangi Pabrik Pengolahan Pangan Ternak
loading...
loading...