Pangsa Pasar Buah-buahan Lokal di Arab Saudi Bernilai Fantastis

Pertanianku – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman buah-buahan lokal. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu pengekspor buah-buahan ke beberapa negara. Salah satu potensi ekspor buah-buahan lokal tanah air ke Arab Saudi.

pangsa-pasar-buah-buahan-lokal-di-arab-saudi-bernilai-fantastis

Kepala Indonesian Trade Promotion Cente (ITPC) Jeddah, Gunawan, menilai pola permintaan dan penawaran untuk komoditas buah-buahan, pangsa pasarnya di Arab Saudi sangat besar. Hal ini terbukti dari data statistik perdagangan bahwa dari 2013 hingga 2015 tingkat permintaan buah-buahan di Arab Saudi menembus nilai transaksi miliaran dolar.

Sebagai perbandingan, pada akhir 2015, Arab Saudi mengimpor komoditas buah-buahan dari berbagai negara mencapai angka 1,4 miliar dolar AS. Sementara itu, nilai ekspor buah-buahan Indonesia ke Arab Saudi pada tahun yang sama mencapai 5,61 juta dolar AS. Ini berati Indonesia hanya mensuplai 0,39% pasar buah-buahan Arab Saudi.

Dengan kemampuan menyuplai kurang dari satu persen, kelompok kerja ekonomi dan perdagangan KJRI Jeddah akan berupaya keras mensosialisasikan ke daerah-daerah di wilayah Indonesia penghasil buah-buahan agar meningkatkan produksi sekaligus standar baku kualitas buah-buahan. Dengan begitu, dapat memenuhi standar yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi.

“Ke depan kita berharap produk buah-buahan Indonesia mampu membanjiri Pasar Arab Saudi,” ujar Pelaksana Fungsi Ekonomi KJRI Bachtiar Saleh, seperti melansir dari Republika (15/12).

loading...
loading...