Peluang Usaha Budidaya Buah Naga Sangat Menjanjikan

Pertanianku – Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat sangat banyak. Selain itu, buah ini disukai masyarakat karena rasanya yang manis dan khas. Bahkan, buah naga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi jika dikembangkan skala indutri.

peluang-usaha-budidaya-buah-naga-menjanjikan

Budidayanya yang tidak sulit menjadikan banyak orang tertarik untuk berbisnis budidaya buah naga. Terlebih karena tanaman tidak rentan terserang penyakit. Cara perawatannya pun tergolong cukup mudah. Namun, perlu diingat Anda harus membersihkan rumput yang tumbuh di sekitar pohon buah naga. Selain itu, Anda harus memotong batang buah naga yang sudah terlalu panjang dan menyiramnya 5 hari sekali saat musim kemarau.

Peluang usaha budidaya buah naga

Salah satu pembudidaya buah naga, Suroso, dapat menghasilkan 20 kg sekali panen setiap 1 pohon. Ada sekitar 40 buah naga berbobot 500 gram tiap buahnya. Harga normal buah naga merah dari petani yang hanya menggunakan pupuk oraganik adalah Rp15.000/kg. Namun, harga setiap daerahnya berbeda.

Jika seorang petani memiliki 100 tiang, profit yang didapatkan adalah Rp30 juta/musim, dari hasil panen sebanyak 2 ton. Cara untuk menambah omzet dari buah naga ini adalah dengan menambahkan jumlah tiang buah naga. Semakin banyak jumlah tanaman buah naga yang ditanam seorang petani buah naga, profit yang dihasilkan juga semakin banyak.

Lalu berapa modal awal untuk 1 tiang. Modal awal menanam buah naga bukanlah modal yang murah. Meskipun begitu, dalam waktu satu tahun Anda sudah dapat memanennya, walau hasilnya belum maksimal. Tanaman buah naga bisa bertahan hingga 20 tahun. Usia selama itu berlaku pada batang pokoknya. Untuk batang yang berada di bagian atas, masih bisa digunakan. Bisa dikatakan jenis tanaman ini bisa hidup terus-menerus.

Modal yang dikeluarkan Suroso untuk membangun 1 tiang buah naga adalah Rp120.000. Berikut penjelasannya.

  1. Tiang buah naga dibuat dengan semen
  2. 4 batang buah naga
  3. Cor keliling untuk garis pemberian pupuk
  4. Cor tambahan untuk menopang batang buah naga

Untuk saat ini, mungkin bisa lebih mahal karena per batang bibit buah naga merah harganya sudah mencapai Rp25.000—Rp35.000.

loading...
loading...