Peluang Usaha Budidaya Tiktok


Pertanianku – Tiktok merupakan persilangan antara itik dan entok. Persilangan yang dilakukan adalah itik betina dan entok jantan. Tiktok memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan itik atau entok. Persilangan keduanya akan menghasilkan unggas penghasil telur dan daging. Perbedaan tiktok dengan itik biasa adalah pada daging dan telurnya. Daging tiktok tidak berbau amis seperti itik biasa.

Peluang Usaha Budidaya Tiktok

Budidaya tiktok diharapkan mampu membuka sebuah peluang usaha baru. Pangsa pasar tiktok biasanya restoran. Saat ini telah banyak restoran yang menyajikan menu tiktok.

Keunggulan tiktok

Keunggulan budidaya tiktok selain dagingnya yang tidak amis, yaitu produksi telur yang banyak. Daging tiktok juga lebih lembut dan empuk dibandingkan dengan itik biasa. Tiktok biasa dipanen dan bisa dipotong pada usia 10 minggu. Saat itu, berat tiktok sudah mencapai 2—3 kg.

Budidaya tiktok tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Namun, harus tetap memerhatikan aturan dan cara yang tepat agar usaha tiktok bisa berhasil. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan dan diketahui bagi para peternak pemula sebelum memulai usaha tiktok.

Pengawinan tiktok

Cara yang biasa dilakukan dalam budidaya tiktok untuk mengawinkan entok dan itik adalah dengan melakukan inseminasi buatan (IB). Anda bisa menggunakan jasa petugas IB untuk mengawinkan entok jantan dan itik betina. Proses ini tidak boleh terbalik, apabila yang dikawinkan adalah itik jantan, hasilnya tentu bukan tiktok. Untuk mendapatkan bibit tiktok yang baik, biasanya dari 3 butir telur akan menghasilkan hanya satu ekor tiktok. Hal ini memang menunjukkan bahwa keberhasilan dalam penetasan dalam ternak tiktok relatif rendah. Namun, tentu ada cara agar hasil tetasan bisa lebih banyak dengan mengikuti prosedur yang ada.

Baca Juga:  Jangkrik Ini Dijual Rp100-an Juta!

Fase hidup tiktok

Terdapat dua fase dalam pertumbuhan tiktok, yaitu fase awal dan fase pertumbuhan. Fase awal pada tiktok adalah fase saat tiktok masih berumur 0—3 minggu. Asupan pakan pada fase ini harus sangat diperhatikan agar tiktok memiliki ketahanan tubuh yang baik untuk berkembang. Tiktok juga harus mendapatkan penerangan pada malam hari supaya tidak kedinginan.

Fase selanjutnya, yaitu fase pertumbuhan. Tiktok pada usia 4—10 bulan membutuhkan biosekuritas, sanitasi, dan juga ventilasi yang baik. Hal ini akan menjadikan tiktok tumbuh secara optimal. Budidaya tiktok harus dilakukan dengan telaten. Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam budidaya tiktok, yaitu pakan, bibit, dan pemeliharaannya.

loading...
loading...