Peluang Usaha Media Jamur Tiram Beromzet Jutaan Rupiah per Bulan


Pertanianku – Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dan dapat menghasilkan omzet jutaan per bulannya adalah usaha media tanam untuk jamur tiram yang terbuat dari limbah gergaji kayu.

peluang-usaha-media-jamur-tiram-beromzet-jutaan-rupiah-per-bulan

Salah satu pengusaha media jamur tiram yang telah lama menekuni usaha ini bernama Slamet, warga Desa Wanadadi Banjarnegara, Jawa Tengah, telah berhasil meraup keuntungan dengan memanfaatkan limbah serbuk hasil gergaji kayu untuk tanaman jamur tiram. Ia memanfaatkan limbah serbuk gergaji kayu yang ada di sekitar rumahnya, untuk membuat media tanam jamur.

“Serbuk kayu biasanya dibuang atau dibakar. Membuat media tanam jamur dari tanah liat ini tidaklah sulit, cukup mencampurnya dengan kapur dan pupuk, lalu memasukannya bibit jamur kedalamnya. Usia 2 bulan jamur pun siap dipanen,” kata Slamet di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Slamet menjelaskan, jamur yang ditanam pada media ini bisa dipanen hingga 3 kali dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Tentu hal itulah yang dilirik sebagai peluang berbisnis.

Saat ini Slamet memiliki 20 ribu media tanam limbah serbuk gergaji kayu yang berisi tanaman jamur. Setiap hari tak kurang 100 kg jamur bisa dipanen. Dari usaha bertani jamur dengan barang limbah, Slamet mampu mendapat uang mencapai Rp15 juta per bulan.  Bagaimana keuntungan yang didapatkan sangat menjanjikan, bukan? Apakah Anda tertarik dan ingin menggelutinya seperti Slamet?

Baca Juga:  Saatnya Indonesia Dongkrak Daya Saing Kopi
loading...
loading...