Peluang Usaha Perawatan Kuda Pacu Mulai Dilirik

Pertanianku – Tak banyak yang mengetahui ternyata di Kabupaten Tuban ada tempat jasa perawatan dan pelatihan kuda pacu. Dari tempat tersebut, tak terhitung lahir kuda pacu yang sering merajai lomba pacuan kuda di berbagai daerah.

Dalam sebulan, usaha ini mampu menghasilkan untung jutaan hingga belasan juta rupiah. Jasa perawatan dan pelatihan kuda pacu tersebut berada di Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Kuda-kuda pacu yang baru datang dari Nusa Tenggara Timur ini, langsung diturunkan untuk dilakukan perawatan serta pelatihan.

Totok Witomo, seorang warga Desa Penambangan, adalah perintis usaha jasa perawatan dan pelatihan kuda pacu satu-satunya di Kabupaten Tuban. Dari tangannya, kuda yang sudah dipoles, bisa laku mahal dan diminati banyak pembeli.

Untuk pelatihan kuda pacu, sebelum turun di arena, perawatannya membutuhkan waktu hingga dua bulan. Persiapan itulah yang butuh biaya banyak, mulai biaya pakan, obat, vitamin, atau pernak-pernik lainnya. Belum lagi butuh tenaga ekstra untuk melatih setiap harinya, yakni mulai jalan, tunggang, hingga kuda menjadi siap adu.

“Sedangkan untuk perawatan kuda pacu, dibutuhkan waktu sedikitnya lima puluh hari. Kuda yang sebelumnya kurus dan tak terawat, dilakukan perawatan dengan memberikan pakan serta minuman yang cukup, sehingga menjadi kuda pacu yang gagah,” ucap Totok.

Dalam waktu dua bulanan, puluhan kuda yang awalnya hanya dibeli dengan harga sepuluh jutaan rupiah, akan laku di pasaran dengan harga puluhan juta rupiah, tergantung kelasnya. Untuk kuda pacu kelas pemula, dipasarkan dengan harga dua puluh hingga tiga puluh juta rupiah. Sementara itu, untuk kuda pacu yang siap turun di arena pacuan, harganya dapat dipatok hingga seratus juta rupiah.

Dalam sebulan, Totok mampu meraup jutaan hingga belasan juta rupiah. Kuda-kuda yang siap jual, biasanya dijual di Madura, Magelang, serta daerah lain di Pulau Jawa.

loading...
loading...