Pemangkasan Bibit: Cara Tepat Meningkatkan Produksi Cabai Skala Industri

0

Pertanianku –  Cabai merupakan komoditas utama di Indonesia. Hal ini karena cabai banyak digunakan untuk memasak. Hampir semua masakan khas Indonesia menggunakan cabai sebagai salah satu bahan pelengkapnya.

pemangkasan-bibit-cara-tepat-meningkatkan-produksi-cabai-skala-industri

Saat ini, produksi cabai tidak mencukupi permintaan pasar sehingga sangat sulit sekali mencari cabai di pasaran. Itulah yang membuat harga cabai terkadang sangat mahal. Akibat kurangnya produksi cabai untuk memenihi kebutuhan pasar.

Seperti yang kita ketahui bahwa bibit yang masih muda memiliki sifat regenerasi sel yang sangat tinggi. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh petani bila ingin meningkatkan produksi cabai, yaitu dengan melakukan pemangkasan bibit sehingga akan segera muncul tunas baru atau cabang. Biasanya tunas tersebut akan membentuk dua cabang. Dua cabang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi cabai atau sama dengan 2 tanaman cabai. Apabila hal ini dirawat, akan menghasilkan produksi cabai secara ganda dari kedua cabang tersebut.

Selain cara ini, sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan produksi cabai antara lain dengan pemupukan, pengolahan lahan yang baik, dan juga bisa menggunakan varietas unggul. Hal ini sudah banyak diketahui oleh petani. Namun, cara meningkatkan produksi cabai dengan pembibitan belum banyak orang yang mengetahuinya sehingga untuk para petani hal ini perlu dicoba.

Dalam pemotongan bibit, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena nantinya bukan malah tumbuh baik tapi bisa saja malah mati. Berikut cara meningkatkan produksi cabai dengan pemangkasan bibit:

  • Pemangkasan dapat dilakukan ketika bibit masih dalam polybag.
  • Usahakan bibit yang dilakukan pemangkasan umurnya kurang dari 8 hari setelah penyemaian.
  • Pemangkasan dilakukan dengan jarak 4 mm dari daun pertama.
  • Gunakan alat pemangkasan yang steril. Bisa menggunakan potongan kuku atapun gunting.
  • Setelah dilakukan pemangkasan, semprot dengan fungisida dengan dosis yang rendah saja agar tidak terserang jamur dan tanaman akan tumbuh baik.
  • Setelah tanaman cabai memiliki minimal 5 helai daun, silakan tanaman cabai dipindah.

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh jika melakukan pemangkasan bibit cabai. Berikut beberapa kelebihan dimaksud.

  • Produksi tanaman cabai akan jauh lebih tinggi karena tanaman cabai memiliki 2 cabang utama yang semuanya menghasilkan cabai.
  • Tanaman akan jauh lebih kuat bila terserang hama dan penyakit.
  • Tanaman akan tumbuh horisontal dan tidak akan tinggi karena banyak cabang yang akan tumbuh.
  • Tanaman tidak akan mudah stres atau mati.

Perlu diperhatian bahwa tanaman cabai yang dilakukan pemangkasan, daerah tanah akan mudah tumbuh gulma sehingga Anda akan jauh lebih sering menyiangi. Hal ini juga akan mencegah datangnya hama dan penyakit dengan bersihnya area penanaman. Sementara itu, untuk masalah pemupukan, Anda bisa lakukan seperti tanaman cabai pada umumnya. Demikian pula dengan penyiraman, bisa dilakukan pagi dan sore.

loading...
loading...