Pemeliharaan Intensif Ayam Buras

0

Pertanianku – Pemeliharaan ayam buras secara intensif dilakukan di dalam kandang secara terusmenerus. Kandang dibuat dengan persyaratan teknis yang memadai dalam satu tempat. Pakan yang diberikan dalam pemeliharaan intensif merupakan pakan yang berkualitas dengan pemberian yang terkontrol sehingga kebutuhan nutrisi ayam selalu terpenuhi.

Pemeliharaan Intensif Ayam Buras

Selain itu, perlu dilakukan pengawasan terusmenerus, baik terhadap ayam sehat maupun sakit. Diperlukan pula manajemen usaha yang terprogram, terencana, dan mampu dilaksanakan dengan baik. Dengan menjalankan semua langkah ini, usaha budi daya ayam buras secara intensif akan menghasilkan keuntungan sebagai berikut.

– Produktivitas meningkat secara optimal karena sistem intensif dapat membantu mengubah ayam buras menjadi ayam pedaging yang produktif. Misalnya, dengan mengandangkan ayam maka energi ayam tidak terbuang untuk bergerak mencari makan. Bahkan energi dari makanan dapat digunakan untuk proses metabolisme tubuh dalam pembentukan karkas atau daging.

– Pertumbuhan ayam meningkat karena makanannya terkontrol.

– Ayam terawasi setiap hari karena sistem kandang pada sistem intensif menjamin kesehatan ayam.

– Dapat memudahkan pemeliharaan terutama dalam kegiatan pemberian pakan dan minum, pembersihan kandang, serta  pengawasan terhadap ayam yang sakit.

– Dapat menghemat tenaga kerja sehingga mampu menekan ongkos produksi.

– Akan memudahkan seleksi bibit sehingga dapat diperoleh bibitbibit yang baik.

– Dapat meningkatkan pendapatan. Dengan pelaksanaan sistem intensif, pendapatan peternak akan meningkat jauh dibandingkan dengan pemeliharaan ayam buras secara tradisional.

Dalam budi daya ayam buras pedaging secara intensif, hal-hal pokok yang harus diperhatikan antara lain seleksi dan pengadaan bibit, cara pemeliharaan dan pengelolaan reproduksi, perkandangan dan peralatan, pemberian pakan berkualitas, penanganan kesehatan, serta penanganan hasil.

 

Sumber: Buku Ayam Buras Pedaging

loading...
loading...