Pemeliharaan Larva Patin di Bak Terpal Plastik


Pertanianku – Terpal plastik bisa dijadikan sebagai alternatif tempat pemeliharaan larva  ikan patin. Metode pemeliharaan pada terpal sudah banyak dipakai oleh para pembudi daya patin karena praktis dalam pengelolaannya dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Pemeliharaan Larva Patin di Bak Terpal Plastik

Bak terpal plastik yang umum digunakan untuk pemeliharaan larva patin berukuran 2 m x 1 m x 0,5 m. Pembuatan bak terpal adalah dengan membuat rangka bak dari bahan kayu, kemudian sebagai dasar bak serta sisi- sisi dinding bak digunakan plastik terpal. Bak terpal plastik untuk pemeliharaan larva, ditempatkan dalam ruangan yang tertutup rapat dan terlindung seperti di hatchery.

Padat penebaran larva di bak terpal plastik adalah 40 ekor/l. Untuk jumlah larva patin sebanyak 200.000 ekor, diperlukan bak terpal plastik sebanyak 12—14 buah. Waktu pemeliharaan larva patin di dalam bak terpal plastik yaitu 21—30 hari atau jika benih patin telah mencapai ukuran 3/4—1 inci/ekor. Selanjutnya, benih dipindahkan atau didederkan lebih lanjut ke kolam lain yang lebih luas.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Agribisnis Patin

Baca Juga:  Fungsi Infusoria Sebagai Pakan Ikan
loading...
loading...