Pemerintah: Harga Pangan Sulit Dikendalikan

Pertanianku – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan tidak bisa mengendalikan harga cabai. Komoditas yang memiliki cita rasa pedas ini produksinya sangat minim di tengah guyuran hujan yang tak kunjung berhenti.

pemerintah-harga-pangan-sulit-dikendalikan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, ‎cabai memang sangat tergantung dengan kondisi iklim. Ketika curah hujan tinggi, produksi cabai tidak bisa maksimal, dan malah banyak produksi cabai yang terserang penyakit.

“Di pedagang juga mereka nggak bisa cari cabai ke petani. Kalau hujan petani nggak bisa suplai karena produksi sangat sedikit. Kalau dipetik juga cabainya cepat busuk,” kata Enggar, seperti dilansir Republika (22/12).

‎Enggar menjelaskan, adanya perbedaan harga cabai yang cukup tinggi juga dikarenakan jarak pendistribusian cabai yang berbeda-beda. Jika di sekitar Jabodetabek, harga akan tinggi karena cabai banyak dipasok dari Jawa Barat atau daerah sekitar. Hal ini menjadikan cabai bisa cepat busuk karena jarak cukup jauh.

Namun, jika pendistribusian cabai lebih cepat, distributor pun berani menyuplai cabai dengan harga jauh lebih rendah.

“Ada‎ di Manado harganya paling mahal Rp35.000 per kg, ini dipasok dari Gorontalo yang jaraknya dekat. Kalau di Jakarta bisa Rp65.000 per kg,” tuturnya.

Dengan kondisi ini, pemerintah enggan berspekulasi mampu menurunkan harga cabai. Sebab, faktor yang membuat harga komoditas ini melambung sangat sulit diredam, yakni cuaca.

loading...
loading...