Pemerintah Sediakan Lahan Sawah Satu Juta Hektare


Pertanianku – Saat ini pemerintah sedang menyiapkan program penyediaan lahan persawahan seluas 1 juta hektare. Keterangan tersebut diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Pemerintah Sediakan Lahan Sawah Satu Juta Hektare

Saat ini ucap sang Menteri tinggal Kementerian Pertanian mengeksekusi lahan-lahan sawah yang telah tersedia.

“Dari kita, sudah selesai. Kita lagi tunggu dari Kementerian Pertaniannya. Kalau dari kita, identifikasinya sudah selesai,” kata Siti Nurbaya usai menghadiri pers briefing dalam rangka 2 tahun kerja nyata Jokowi-JK, di Gedung Bina Graha, Jakarta Pusat, sebagaimana dilansir Republika (1/11).

Terkait waktu eksekusi lahan tersebut mulai bisa dimanfaatkan, Siti melanjutkan, tentu itu harus dikomunikasikan kembali dengan Kementerian Pertanian. Namun, untuk penyediaan drainase, pengairan, jenis tanah, sumber air di 1 juta hektare sawah itu, sudah teridentifikasi. “Penggunaan lahannya, terkait petaninya, masyarakatnya, itu harus diidentifikasi bersama sama,” tutur Siti Nurbaya.

Siti mengatakan, terkait program pangannya untuk sawah yang 1 juta hektare ini harus seperti apa, tentu harus diselesaikan bersama. “Menurut saya sih enggak ada masalah. Tinggal mengatur prioritasnya. Enggak ada masalah di Kementannya, hanya belum ditangani saja,” tutur Sri.

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tengah melakukan pencetakan sawah baru hingga 1 juta hektare. Ada dua daerah yang paling luas dalam penyediaan sawah baru ini. Provinsi yang paling luas dalam pencetakan sawah tersebut, yakni Kalimantan Tengah dengan total 518.114 hektare.

Di bawahnya, yaitu Papua dengan total 380.330 hektare sawah. Total pencetakan sawah baru di berbagai wilayah di Indonesia, mencapai 1.053.753 hektare.

Baca Juga:  Foto Kuda Laut Ini Seketika Viral, Ada Apa Ya?
loading...
loading...