Pemprov Bali Kembali Naikkan Pamor Daging Sapi Bali


Pertanianku – Pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Bali berupaya membangun kembali ikon sapi bali melalui program Bali Beef. Program Bali Beef ini akan mulai dijalankan pada tahun ini.

pemprov-bali-kembali-naikkan-pamor-daging-sapi-bali

“Program ini untuk membangun nilai jual sapi Bali sehingga peternak memperoleh keuntungan lebih,” kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita seperti dilansir dari Republika (3/1/2017).

Diarmita mengatakan, bahwa program Bali Beef bertujuan agar sapi Bali memiliki nilai jual yang tinggi dan sekaligus membangkitkan gairah peternak. Nantinya, ia melanjutkan, sapi bali tidak lagi dijual hidup, tetapi menjual daging sapi yang memiliki harga lebih baik dibanding sapi hidup. Cara beternak masyarakat juga akan diubah dengan menjalankan konsep bisnis.

Ketut menambahkan kehadiran Program Bali Beef sangat mendukung Program Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB) sehingga Indonesia tidak lagi mengimpor daging sapi berkualitas tinggi. Bahkan, diharapkan akan mampu melakukan ekspor khususnya daging sapi Bali.

“Jadi, program Bali Beef dipastikan akan mampu membangun nilai tambah produk ternak dan sekaligus meningkatkan pendapatan peternak,” lanjutnya.

Sementara itu, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika meminta Kementan benar-benar mengimplementasikan program Bali Beef. Sebab, diakuinya, program tersebut akan menyediakan daging sapi berkualitas tinggi setara dengan daging impor untuk konsumsi kalangan masyarakat menengah ke atas.

Ia menegaskan jika daging sapi bali segar bisa dijual setidaknya Rp350 ribu per kilogram, akan meningkatkan pendapatan dan gairah peternak setempat. Namun, ia mengaku kesulitan tanpa adanya bantuan dari Kementan, terutama dalam mendatangkan investor untuk program tersebut.

“Saya maunya harga daging sapi bali yang telah diolah mendekati harga Wagyu, peternak bergairah dan untung. Kami meminta Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan mendatangkan investor khusus Bali Beef,” tutup Mangku Pastika.

Baca Juga:  Anjing Laut Leopard Berdatangan ke Berbagai Pantai Australia
loading...
loading...