Pemprov Kalimantan Tengah Siap Sediakan Lahan Pertanian Organik


Pertanianku – Guna mewujudkan ketahanan pangan masyarakat Indonesia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah akan menyediakan lahan pertanian organik seluas 500.000 hektare. Guna menciptakan kemandirian pangan.

pemprov-kalimantan-tengah-siap-sediakan-lahan-pertanian-organik

“Lahan yang disiapkan merupakan alih fungsi dari lahan bermasalah,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran belum lama ini melalui keterangan tertulis di Jakarta, seperti dilansir Antaranews (21/12).

Sugianto mengatakan Pemprov Kalteng akan menyelesaikan lahan bermasalah yang merupakan proyek sejuta hektare sawah pada masa lalu. Lahan tersebut akan dioptimalkan untuk pertanian organik yang menyejahterakan masyarakat Kalteng.

Sugianto menuturkan lahan bermasalah itu menjadi beban bagi masyarakat Kalteng karena tidak digarap secara serius. Pemanfaatan lahan bermasalah menjadi pertanian organik akan lebih berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Sugianto optimistis Kalteng mampu menjadi penghasil produk pertanian organik terbesar di Indonesia.

“Apabila lahan pertanian digarap serius yang didukung teknologi dan inovasi yang tepat,” jelas Sugianto.

Sugianto mengungkapkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI mendukung program pertanian organik dengan dukungan 300 ribu hektare.

Sugianto juga menekankan pemanfaatan lahan pertanian organik harus melibatkan Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah.

Baca Juga:  Luar Biasa! Ekspor Kopi Indonesia ke Korsel Meningkat Hingga 53 Persen
loading...
loading...