Pengebirian Kucing dan Anjing Peliharaan, Perlukah?

0

Pertanianku – Guna membatasi jumlah hewan peliharaan yang berlebihan, pengebirian atau sterilisasi menjadi jalan terbaik. Secara sederhana sterilisasi merupakan proses pengangkatan organ reproduksi binatang peliharaan seperti kucing atau anjing agar tidak dapat memiliki anak.

pengebirian-kucing-dan-anjing-peliharaan-perlukah

Seperti diungkapkan oleh dokter hewan yang bertugas di shelter Jakarta Animal Aid Network, drh. Merry Ferdinandez, dikutip dari Liputan6.com, fungsi utama sterilisasi hewan adalah untuk mengontrol populasi.

Saat ini, Merry banyak kucing liar berkeliaran di lingkungan kita. Dengan sterilisasi, mereka tak lagi bisa memiliki anak sehingga populasi kucing pun tak banyak.

“Ketika ada banyak kucing, mereka bukan lagi hewan peliharaan melainkan hewan hama yang bisa mengganggu ekosistem,” jelas drh. Merry.

Lalu, sterilisasi pun sangat bermanfaat bagi kesehatan hewan-hewan peliharaan.

“Hal ini bisa mengurangi risiko kanker dan tumor di bagian reproduksi mereka,” terang perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Bali ini.

Dengan mengangkat organ reproduksi, juga dapat menstabilkan karakter mereka karena hal ini memengaruhi hormon mereka.

“Hormon pada hewan sangat memengaruhi karakter mereka, terutama pada hewan jantan. Nah setelah sterilisasi, mood mereka lebih stabil dan karakter mereka pun lebih wise,” jelas drh. Merry.

Animal Aid Network, organisasi yang menyelamatkan hewan-hewan yang terbuang atau terluka di Jakarta, menyampaikan bahwa sebelum aneka hewan tersebut masuk shelter, mereka disteril terlebih dahulu.

“Pertama sih untuk mencegah agar mereka tak lagi memiliki keturunan dan emosi mereka juga menjadi lebih baik,” tutur drh. Merry.

loading...
loading...