Penting! Manusia Perlu Mengonsumsi Daging Ayam

0

Pertanianku – Daging ayam merupakan salah satu lauk yang sangat umum dan biasa dikonsumsi oleh mayoritas penduduk Indonesia. Berbagai jenis kuliner dengan bahan utama ayam memang sangat mengundang selera, baik itu dibakar, digoreng maupun direbus. Unggas yang satu ini cukup populer di Indonesia dan dunia tentunya. Keunggulan lainnya adalah kandungan gizi daging ayam juga cukup lengkap memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

penting-manusia-perlu-mengonsumsi-daging-ayam

Kandungan gizi ayam

Berdasarkan uji klinis para ahli nutrisi, kandungan daging gizi ayam cukup kompleks. Setiap 100 gram daging ayam mengandung air sebanyak 74%, protein sebanyak 22%, senyawa kalsium sebanyak 13 miligram, zat fosfor sebanyak 190 miligram dan juga zat besi. Selain itu, ternyata daging ayam juga mengandung vitamin A, C, juga E yang sangat baik untuk tubuh terutama bagi anak kecil dan lansia jika diolah dengan cara yang benar.

Kandungan gizi ayam dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan daging merah seperti kambing dan sapi. Sebab, komponen lemaknya cukup rendah dan didominasi oleh lemak tak jenuh yang justru lebih baik bagi tubuh.

Menjaga keseimbangan kolesterol

Mengonsumsi ayam mempunyai kandungan niacin yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, daging ini aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol. Untuk ini, disarankan mereka yang menderita kolesterol mengonsumsi ayam dengan memilih daging ayam tanpa lemak dan memasaknya dengan cara merebus tanpa menggorengnya.

Mengandung niacin untuk mencegah kanker

Lezatnya daging ayam ternyata juga dapat menjadi sumber niacin. Niacin ini merupakan salah satu bagian dari vitamin B yang dapat membantu membasmi kanker dan menghindari kerusakan sel DNA (penyebab kanker).

Larangan memakan daging ayam

Meski kandungan gizi daging ayam cukup lengkap, tetapi dalam kondisi tertentu, ada beberapa orang yang dianjurkan tidak mengonsumsi ayam. Ini karena mereka adalah penderita uremia.

Larangan ini didasarkan pada kandungan protein ayam yang cenderung tinggi dan tak baik bagi penderita uremia. Selanjutnya, penderita kolesterol juga tidak dianjurkan memakan ayam terlalu banyak terlebih bagian jantung.

Bagian tersebut memiliki jumlah kolesterol yang cukup tinggi. Orang yang sedang mengonsumsi preparat besi juga tidak dianjurkan mengonsumsi ayam. Sebab, kadar fosfor dalam ayam cukup tinggi.

loading...
loading...