Periode Starter Ayam Petelur


Pertanianku – Fase ini dimulai pada saat DOC datang sampai umur delapan minggu. Fase ini memerlukan pemanas/induk buatan/ fase brooding. Persiapan brooding atau pemanasan untuk semua ayam relatif sama dengan ayam bibit yaitu kandang bersih dan telah disucihamakan.

periode-starter-ayam-petelur

Peralatan guard chick, tempat pakan dan tempat minum yang telah disucihamakan diletakkan dalam kandang. Sekitar dua jam sebelum DOC datang, pemanas dinyalakan supaya kandang cukup hangat ketika ayam/DOC dimasukkan. Siapkan minuman campuran gula 5% (50 g gula per liter air), vitamin, dan antibiotik. Pakan pertama diberikan tiga jam setelah anak ayam dimasukkan ke dalam lingkaran brooder dan semua anak ayam telah minum.

Suhu yang diperlukan 32—350 C pada umur 0—3 hari. Kemudian suhu berangsur diturunkan mengikuti umur ayam. Seng pelindung diperbesar secara bertahap mulai umur tiga hari dan disingkirkan pada umur 10 hari. Tirai penutup kandang dibuka sebagian pada siang hari dan ditutup lagi pada malam hari mulai umur tiga hari. Pada umur 14—21 hari tirai atas disingkirkan dan pada umur 21—28 hari seluruh tirai dibuka dan disingkirkan.

Kebutuhan ruangan 12,7 ekor/m2. Untuk tempat pakan berangsur-angsur diganti dengan tempat pakan tenteng. Caranya piringan tempat pakan dibenamkan kelitter supaya anak ayam bisa mencapai pakannya lalu tabung pakan dipasang.  Selanjutnya tempat minum berangsurangsur juga mulai diganti dengan tempat minum galon otomatis sebanyak dua buah per 100 ekor anak ayam.

Pakan ayam petelur harus disesuaikan dengan berat badan standar yang diberikan oleh peternak pembibitnya. Untuk mencapai berat badan yang diinginkan, pakan sebaiknya diberikan sesering mungkin untuk merangsang nafsu makan ayam (terutama untuk strain ayam yang cenderung sulit mencapai bobot badan standar). Untuk yang cenderung mudah mencapai berat badan harus dilakukan pembatasan pemberian pakan. Sementara itu, air minum diberikan secara terus-menerus. Kualitas air minum harus diperhatikan, begitu pula kebersihan tempat minum. Untuk itu, tempat minum harus dicuci dua kali sehari.

Baca Juga:  Tertarik untuk Ternak Ayam Kampung? Ikuti Langkah Mudah Ini!

Untuk menjaga kesehatan anak ayam,sanitasi dan progam vaksinasi terhadap beberapa penyakit harus dikerjakan. Fase  starter adalah fase peka terhadap penyakit,terutama untuk penyakit gumboro. Pemotongan paruh (untuk mencegah  kanibalisme) dilakukan ketika anak ayam berumur 7—10 hari. Paruh atas dipotong 1/3 bagian, sedangkan paruh bawah cukup ditekan pada pisau pemotong yang panas. Bila hasil pemotongan kurang baik pemotongan bisa diulang pada umur 12 minggu.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam

loading...
loading...