Perlengkapan untuk Membuat Kandang Kelinci

Pertanianku – Perlengkapan kandang berfungsi untuk memudahkan peternak dalam pemeliharaan ternaknya, sekaligus sebagai sarana untuk mencapai keberhasilan usaha. Perlengkapan kandang yang diperlukan adalah tempat pakan, tempat minum, dan sarang beranak.

Perlengkapan untuk Mwmbuat Kandang Kelinci

  1. Tempat pakan

Tempat pakan yang digunakan sebaiknya dipilih dari bahan yang tidakmudah pecah dan mudah dibersihkan. Bentuk dan ukuran tempat  pakan kelinci cukup bervariasi. Sekurang-kurangnya, ukuran tempat pakan berdiameter 15—20 cm dengan tinggi 7,5—10 cm. Syarat lain dari tempat pakan adalah mudah dipasang dan diambil dari kandang serta berbobot cukup berat sehingga tidak mudah digulingkan oleh kelinci.

  1. Tempat minum

Tempat minum untuk kelinci sebaiknya berupa tempat yang rata, lebar, dan dapat memuat air minum dalam jumlah banyak agar berat dan tidak mudah tumpah. Dewasa ini, telah berkembang model tempat minumkelinci yang otomatis. Kebutuhan air minum kelinci diatur oleh pelampung atau klep yang memb atasi keluarnya air jika tempat minum sudah penuh. Penempatan air minum berada di luar kandang. Dinding kandang diberi lubang agar kelinci dapat menjangkau tempat minum.

  1. Sarang beranak

Sarang beranak diperlukan terutama bagi kelinci yang dipelihara di dalam sangkar. Fungsi sarang ini seperti baby box buat bayi. Sarang ini diperlukan anak kelinci hingga mencapai umur empat minggu. Ukuran yang ideal adalah panjang 40 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 30 cm. Selain untuk masuk keluar induk, sarang ini juga berguna untuk menghindarkan suhu lingkungan yang terlalu panas. Oleh karena itu, sebaiknya bagian atas dari sangkat tidak tertutup rapat.

 

Sumber: Buku Kelinci Potong

loading...
loading...