Persiapan pada Budidaya Lele dumbo

Pertanianku – Lele dumbo merupakan salah satu jenis ikan lele yang banyak diminati oleh para pebisnis lele. Jenis lele yang berasal dari Afrika ini ternyata memiliki ukuran yang lebih besar daripada jenis lele lokal yang ada di Indonesia. Selain karena ukurannya, patilnya pun tidak tajam sehingga lele jenis ini lebih disukai oleh banyak orang.

Persiapan pada Budidaya Lele dumbo

Selain kelebihan-kelebihan tadi, ternyata ada satu kelemahan yang dimiliki oleh lele dumbo. Daging lele dumbo ternyata menjadi lunak dan sangat mudah hancur bila digoreng. Namun, karena daya tahan hidupnya yang tinggi terhadap tempat tinggalnya, lele dumbo termasuk salah satu jenis lele yang banyak dibudidayakan oleh banyak orang di Asia Tenggara terutama di Indonesia.

Dengan kemajuan teknologi, lele dumbo bisa memiliki mutu daging yang lebih baik. Persilangan lele dumbo dengan lele lokal yang berasal dari Asia Tenggara ternyata mampu memperbaiki mutu dagingnya.

Bisnis budidaya lele dumbo memiliki masa depan yang sangat baik. Jika pebisnis budidaya ikan ini mengetahui cara membudidayakannya yang baik dan benar, hasilnya pun akan bermutu tinggi.

Untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis budidaya lele dumbo, Anda perlu mengetahui teknik-teknik pembudidayaannya. Tujuannya, bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang dan tidak merugi.

Jika teknik budidaya lele dumbo dijalankan sesuai prosedur semestinya, akan dipastikan Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar setiap bulannya. Terdapat beberapa macam teknik budidaya lele dumbo, salah satunya dengan menggunakan kolam terpal. Berikut panduannya.

Budidaya lele dumbo di kolam terpal

Saat ini budidaya lele dumbo di kolam terpal bisa menjadi pilihan yang lebih murah. Para pebisnis pemula banyak menggunakan kolam terpal karena kolam jenis ini membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas. Kolam terpal juga tidak memerlukan pasokan air yang sangat banyak. Kolam juga bisa dibuat dengan menggunakan bambu yang kuat. Hal-hal tersebut tentu saja dapat meringankan beban modal yang harus mereka persiapkan ketika mereka memulai bisnis budidaya ikan lele dumbo. Perbandingan biaya modal tentu saja lebih ringan dengan cara membuat kolam terpal daripada dengan cara membuat kolam tanah atau kolam beton.

Cara membuat kolam terpal

Oleh karena kolam terpal menjadi tempat yang tepat untuk membudidayakan lele dumbo, cara pembuatannya pun harus diperhatikan lebih saksama. Hal penting dalam pembuatan kolam terpal adalah lokasi kolam atau lahan. Lahan tempat kolam akan dibangun harus sesuai dengan ukuran perbandingan seberapa banyak benih ikan lele dumbo yang akan disebar. Ukuran normal kolam terpal dengan sebaran 100 ekor lele adalah 2 × 1 × 0,6 meter.

Teknik pembuatan kolam dapat melalui 2 cara. Pertama, membuat kolam pada galian tanah. Kedua, membuat kolam terpal dari rangka kayu atau bambu. Kekurangan kolam terpal dari kayu atau bambu adalah tidak awet untuk digunakan sebagai kolam benih atau pembenihan. Namun, kolam jenis ini sangat mudah untuk dibuat. Jika kolam digunakan sebagai pembenihan sekaligus pembesaran, ada baiknya menggunakan kolam terpal dengan teknik galian tanah. Ini karena kolam terpali galian tanah lebih awet daripada kolam terpal dari rangka kayu atau bambu.

Kondisi kolam

Ikan lele dumbo akan tumbuh besar jika diberi pakan organik yang berasal dari tambak itu sendiri atau berasal dari sekitar tambak tersebut. Agar proses pembesaran lele dumbo berhasil, kolam terpal perlu dikondisikan dengan baik. Tujuannya, untuk menyesuaikan dengan habitat yang disukai oleh ikan lele.

Memulai budidaya lele dumbo

Langkah pertama, lakukan pencucian terpal dengan cara disikat agar bau lem dan zat kimia hilang. Pengeringan kolam dilakukan selama 1 hari lalu diisi air setinggi 30 cm. Air tersebut dibiarkan selama 1 minggu.

Langkah kedua, siapkan jumlah bibit yang sesuai dengan ukuran kolam terpal. Bibit tidak boleh langsung dimasukkan ke kolam terpal. Bibit yang masih dalam plastik dimasukkan dalam ember, dan diberi air kolam sedikit demi sedikit. Hal ini dilakukan agar bibit lele dumbo bisa beradaptasi dengan suhu yang berada di dalam kolam terpal.

loading...
loading...