Petani Subang: Beras Ketan Putih Tidak Laku

0

Pertanianku – Sejumlah petani asal Kabupaten Subang mengeluhkan tidak lakunya komoditi beras ketan putih. Padahal, harga beras ketan sudah sangat murah, yakni sekitar Rp300.000/kuintal.

Petani Subang: Beras Ketan Putih Tidak Laku

Udeh Sahlim, salah seorang petani asal Kampung Nogel, Desa Manyeti, Kecamatan Dawuan, mengatakan, sudah dua minggu ini beras ketan putih tidak laku di pasaran. Meskipun petani telah berupaya menjual semurah mungkin. Bahkan, sudah dijual dengan sistem diutangkan.

“Meskipun ditawarkan untuk diutang, tetap saja tidak ada bakul yang mau membelinya,” ujar Udeh, sebagaimana dikutip Republika (14/10).

Untuk menghasilkan beras ketan putih itu, petani sudah bersusah payah. Dari mulai membajak sawah, menyemai benih sampai memanennya. Proses tanam itu, membutuhkan biaya yang lumayan besar. Biaya yang dikeluarkan petani antara Rp3—4 juta/hektare. Akan tetapi, giliran sudah panen dan jadi beras, ketan putih ini justru tidak laku.

“Kami jadi sedih. Jangankan dapat untung, modal juga belum terganti,” tutur Udeh Sahlim.

Menurut Udeh, dirinya tidak mengetahui penyebab tidak lakunya beras ketan putih. Kondisinya terbalik 180 derajat dengan penjualan beras ketan hitam. Saudara ketan putih ini, justru penjualannya sedang moncer. Harganya juga sangat mahal. Di pasaran, beras ketan hitam harganya sampai Rp700.000/kuintal.

Akan tetapi, lanjut Udeh, tidak semua petani memiliki stok beras ketan hitam. Ini karena mayoritas petani di kampung tersebut stok yang dipunyai hanya beras ketan putih.

Sementara itu, Wawan Kurniawan, tengkulak asal desa setempat, mengaku, tidak lakunya beras ketan putih akibat permintaan pasar yang lesu. Biasanya, permintaan ketan putih dari kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta sangat tinggi. Akan tetapi, pada musim panen kali ini justru mengalami kemerosotan.

“Kami juta tak mau rugi. Kalau pangsa pasarnya lesu, maka kami tidak melakukan pembelian ke petani,” Wawan.

Saat ini, komoditi penjualan beras yang sedang tinggi, yaitu ketan hitam. Adapun beras putih (konsumsi), permintaannya cukup stabil. Oleh karena itu, harga beras juga masih stabil, yakni di kisaran Rp440.000/kuintal.

loading...
loading...