Potensi dan Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

0

Pertanianku – Bagi sebagian orang, berwirausaha menjadi pilihan yang tepat baik untuk mencari penghasilan tambahan atau bahkan menjadikannya mata pencaharian utama. Terlebih, bagi orang yang enggan bekerja kantoran pasti akan lebih memilih berwirausaha.

Potensi dan Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

Salah satu wirausaha yang cukup menjanjikan adalah usaha budidaya ikan nila. Jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi dan sangat menjanjikan adalah ikan nila. Oleh karena itulah, budidaya ikan nila saat ini banyak dilirik oleh masyarakat dan peluang bisnisnya masih sangat terbuka lebar.

Untuk cepat mendatangkan keuntungan, Anda perlu kreatif dalam menjalankan usaha budidaya ikan nila ini. Sebab, dalam dunia bisnis terdapat banyak persaingan. Jika kita tidak kreatif, usaha yang kita jalankan akan sia-sia. Bahkan, bisa gulung tikar.

Bagi Anda yang tertarik dengan budidaya ikan nila janganlah merasa kawatir tentang kelanjutan usaha ini kedepannya. Ini karena di dalam negeri sendiri kebutuhan protein hewani semakin tinggi, mengingat angka pertumbuhan yang semakin meningkat. Kebutuhan protein hewani bisa didapatkan dari ikan terutama ikan nila. Perlu diketahui juga bahwa usaha budidaya ikan nila dibagi menjadi beberapa pilihan. Berikut potensi dan peluang usaha budidaya ikan nila.

Pilihan usaha pembenihan ikan nila

Mengingat konsumsi ikan nila semakin meningkat menjadikan kebutuhan akan bibit ikan nila juga semakin tinggi. Dengan begitu, ada suatu celah yang bisa dimanfaatkan untuk masuk ke usaha pembenihan.

Ikan nila sejatinya mudah berkembang biak. Anda cukup menyediakan lahan serta beberapa peralatan yang diperlukan untuk usaha pembenihan. Jangan lupa untuk mendapatkan indukan yang baik agar pembenihannya pun berjalan dengan lancar.

Pilihan usaha pembesaran ikan nila

Pilihan ini sejatinya bisa memperoleh keuntungan yang lebih ketimbang pembenihan. Sebab, risiko kematian ikan relatif kecil ketimbang pembenihan. Selain itu, harga jual ikan nila siap panen juga lebih mahal daripada benihnya. Namun, bila Anda mau memulai usaha pembesaran harus bisa bersabar dan siap mengeluarkan modal yang lebih banyak. Ini karena waktu panennya berkisar antara 4 bulan sejak benihnya ditebar. Jadi, dalam waktu tersebut Anda harus siap memberinya pakan secara rutin agar pertumbuhannya bisa optimal.

loading...
loading...