Pria ini Raup Omzet Rp25 Juta per Ekor dari Ternak Ayam Cemani

Pertanianku – Indonesia ternyata memiliki spesies ayam yang unik. Ayam ini berwarna hitam yang bernama ayam cemani.

Sesuai dengan namanya cemani (hitam), spesies ayam ini keseluruhan tubuhnya berwarna hitam. Warna hitam pada ayam ini tidak hanya pada penampilan fisiknya seperti bulu, paruh, dan kuku. Kulit bagian dalam ayam ini juga berwarna hitam. Darah ayam ini lebih gelap dibanding warna darah ayam pada umumnya.

Karena warna yang berbeda dari ayam jenis lainnya, ayam cemani dibanderol lebih mahal daripada ayam biasa. Bahkan, peluang usaha ternak ayam cemani dianggap cukup menjanjikan. Salah seorang yang telah membuktikannya adalah Hamidi, seorang pria asal Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan.

Hamidi memelihara ayam cemani dengan cara diliarkan di sekitar rumahnya. Siapa sangka ayam cemani yang mempunyai ciri khas seluruh badan hitam ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Harga satu ekor ayam dapat mencapai Rp25 juta.

Hamidi, mampu menghasilkan ayam cemani yang dipelihara secara diliarkan. Puluhan ayam cemani milik Hamidi ini memiliki keistimewaan tersendiri ayam ini memiliki keseluruhan tubuhnya berwarna hitam. Semua bulu, kulit, hingga darah dan tulangnya hitam semua.

“Puluhan ayam ini juga tidur di atas pohon tanpa harus disangkar,” ujarnya.

Menurut Hamidi, biasanya ayam cemani miliknya ini digunakan untuk ritual tertentu. Pembelinya pun banyak yang berasal dari Pulau Jawa. Satu ekor ayam cemani yang sudah dewasa mencapai Rp25 juta, sedangkan yang masih kecil dihargai Rp5 juta. “Untuk telur sendiri biasanya Rp150.000 ribu,” tutur Hamidi.

loading...
loading...