Produksi Kedelai RI 2,5 Ton per Hektare

0

Pertanianku – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa pada saat ini rata-rata produksi kedelai tanah air mencapai 2,5 ton per hektare. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari sebelumnya yang hanya sekitar 1,2 ton per hektare.

Produksi Kedelai RI 2,5 Ton per Hektare

Mentan yakin bahwa pada 2017 mendatang produksi kedelai nasional bisa melonjak hingga 4 ton/hektare. “Makanya kami siapkan anggaran tahun depan untuk penambahan lahan pertanian kedelai sebanyak 300.000—400.000 hektare. Bibit dan pupuknya gratis dari pemerintah,” ungkap Menteri Amran.

Selain menambah luas lahan, menurut Amran, cara meningkatkan produksi kedelai nasional adalah dengan memanfaatkan teknologi. “Pengolahan tanah dan pascapanen harus dengan teknologi. Kita hilirisasi dengan teknologi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu hadir pula Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Herry Suhardiyanto, dan anggota Komisi IV DPR, Hanifa.

Melihat potensi kedelai di Jambi, Amran meminta Gubernur Jambi mengembangkan lagi 20.000 hektare lahan untuk pertanian kedelai.

“Kami akan dukung dengan pemberian benih untuk 20.000 hektare, IPB juga akan mendampingi Jambi,” tutup Menteri Amran.

loading...
loading...